Jakarta, Indonesia | Saturday, 21-10-2017

NEWS UPDATE

Kemenag Kerja Sama Dengan BI Kembangkan Ekonomi Pesantren

AL | Rabu,11 Okt 2017 - 13:37:59 WIB | dibaca: 19 pembaca

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Kementerian Agama (Kemenag) menjalin kerja sama dengan Bank Indonesia (BI) untuk membangkitkan potensi ekonomi syariah, terutama di kalangan pesantren. kerja sama ini bertujuan agar pendidikan di pesantren tidak hanya fokus mencetak santri yang menguasai ilmu agama, tetapi juga membidani lahirnya unit-unit usaha. 

Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag Ahmad Zayadi menuturkan, selain berkontribusi dalam menopang biaya operasional, kerja sama ini juga diharapkan dapat membangun distingsi keilmuan tafaqquh fiddin pada pondok-pondok pesantren. Saat ini, Kemenag dan BI ini saat ini tengah melakukan proses pemilihan Pondok-pondok Pesantren di Kawasan Timur, Jawa, dan Sumatera. 

"Pesantren terpilih nantinya akan menjadi narasumber dalam International Festival Economic Syariah 2017," katanya dalam siaran pers Kemenag RI, Rabu (10/9/17).

Zayadi yang menjadi salah satu juri dalam kegiatan ini menuturkan, kegiatan seleksi ini telah diselenggarakan secara berjenjang dan bertahap pelaksanaannya di tiga bagian/wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia Timur dilaksanakan di Makassar, Wilayah Jawa dilaksabakan di Bandung, dan Wilayah Sumatera dilaksanakan di Medan. 

“Sinergitas menjadi faktor kunci untuk mengembangkan potensi ekonomi di pondok pesantren,” imbuhnya.

Selain dengan BI, Kemenag juga menjalin kerjasama dengan sejumlah Kementerian dan Lembaga Negara dalam rangka penguatan pondok pesantren. Zayadi, jika kerja sama ini dibangun atas dasar prinsip  profesionalitas dan daya saing yang tinggi, maka  potensi keekonomian pondok pesantren  akan semakin tumbuh, berkembang, dan memiliki skala bisnis yang lebih besar. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar