Jakarta, Indonesia | Tuesday, 11-12-2018

NEWS UPDATE

Kemenkes Siapkan Pelindung Panas Matahari Untuk Jamaah Haji

AL | Jumat,06 Jul 2018 - 12:54:39 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI menyiapkan alat pelindung diri dari sengatan panas matahari berupa payung, kaca mata hitam, masker, topi, semprotan air, botol minum, bagi jamaah calon haji Indonesia untuk mengantisipasi `heat stroke` yang diakibatkan suhu tinggi.

Kepala Pusat Kesehatan Haji Kemenkes Eka Jusup Singka menjelaskan, pemerintah mengkhawatirkan serangan stroke yang diakibatkan suhu udara tinggi atau heat stroke jika jemaah tidak mengantisipasinya dengan baik.

"Heat stroke itu tiba-tiba jatuh, darahnya mengental, dan semua organ tubuh mengalami kegagalan fungsi," katanya dalam konferensi pers di Kementerian Kesehatan Jakarta, Jum`at (6/7/18).

Cuaca di Arab Saudi pada musim haji 2017 suhunya mencapai 53 derajat Celcius dan pada tahun ini diprediksi tidak jauh berbeda. Karena itulah, Eka berpesan kepada jemaah calon haji agar menjaga kondisi tubuh dengan baik dan tidak berkegiatan yang kurang penting di luar ibadah.

"Kalau panas pakai payung, sering-sering minum dan semprot air ke wajah untuk mencegah heat stroke," imbaunya.

Eka menambahkan, Kemenkes juga menyiapkan 20.400 pasang sandal untuk persediaan jemaah haji bila diperlukan. Sandal ini disiapkan apabila ada jamaah yang kehilangan sandal saat keluar dari masjid karena lupa menyimpannya.

"Di Masjidil Haram banyak yang kehilangan sandal, karena dia lupa bukan dicuri. Pengalaman yang lalu jemaah sandalnya tidak ada dia tetap jalan, di jalan aspal panas kakinya luka dan melepuh," katanya.

Pada musim haji 2018, Pusat Kesehatan Haji Kemenkes menyiapkan 1.521 personel kesehatan yang terdiri atas 507 dokter dan 1.014 perawat. Kemenkes juga telah mengirimkan tujuh ton obat ke Arab Saudi untuk keperluan penanganan medis bagi para jemaah haji Indonesia. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar