Jakarta, Indonesia | Saturday, 17-11-2018

NEWS UPDATE

Kemenlu Yakin Hubungan Strategis ASEAN-China Makin Baik

AL | Senin,09 Apr 2018 - 15:23:43 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri RI, Jose Antonio Morato Tavares, meyakini hubungan kerja sama strategis antara ASEAN dan China akan semakin berkembang secara positif ke depannya.

"Jika melihat 15 tahun perjalanan hubungan strategis ASEAN-China, yang mengalami perkembangan signifikan, saya yakin ini akan lebih baik ke depannya," kata Jose dalam seminar bertema Commemorate the 15th Anniversary of the ASEAN-China Strategic Partnership di Jakarta, Senin (9/4/18)

Jose menuturkan, hubungan strategis ASEAN-China dimulai pada tahun 1991, kerja sama ini berjalan secara cepat dengan berbagai kemajuan yang berkembang secara positif pada beberapa bidang seperti ekonomi, politik, hingga keamanan Di bidang ekonomi misalnya, Jose menyebut China merupakan sumber investasi langsung yang sangat besar bagi ASEAN, dengan nilai mencapai lebih dari Rp 2.000 triliun, termasuk nilai perdagangan dari Rp 759 triliun lalu melonjak menjadi sekitar Rp 7.000 triliun pada tahun 2017. Dalam peringatan 15 tahun kerja sama strategis ini, kedua pihak juga sepakat untuk terus bekerja keras demi kesejahteraan kawasan melalui visi rekanan yang strategis.

"Lalu melihat dari tren sekarang, fokus perkembangan saat ini ialah dalam bidang ekonomi digital seperti e-commerce dan lainnya," tambah Jose.

Namun, saat ini hubungan ASEAN-China juga dihadapkan pada masalah sengketa dan sikap saling klaim di wilayah Laut China Selatan, atau Laut Natuna Utara menurut versi Indonesia. Baru-baru ini, pengadopsian kerangka kerja Code of Conduct (CoC) pada Laut China Selatan oleh Kementerian Luar Negeri ASEAN dan China juga memberi harapan untuk meredam ketegangan dan menumbuhkan rasa saling percaya. Jose mengemukakan,  ASEAN juga menyambut dengan baik upaya untuk menindaklanjuti hal ini dengan menantikan negosiasi lanjutan yang akan diadakan tahun ini, yang menargetkan memperoleh keputusan secara luas dalam konteks CoC.

Sekedar informasi, setelah deklarasi bersama antara ASEAN dan China dalam kerja sama strategis yang ditandatangani pada pertemuan tingkat tinggi ke-7 ASEAN-China pada Oktober 2003 di Bali, kedua pihak memutuskan untuk melanjutkan hubungan dengan meningkatkan sejumlah bidang seperti politik dan keamanan, anti-korupsi, penanganan bencana, hingga bidang kesehatan dan perlindungan lingkungan. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar