Jakarta, Indonesia | Wednesday, 24-10-2018

NEWS UPDATE

Kemenpar Luncurkan Top 10 Destinasi dan Kuliner

GRY | Kamis,07 Jun 2018 - 11:04:45 WIB

Menteri Pariwisata, Arief Yahya.foto.ist

Jakarta, CityPost - Musim Lebaran sudah di depan mata. Kemenpar menyiapkan berbagai jurus untuk menggaet para wisatawan. Seperti yang disampaikan oleh Menteri Pariwisata, Arief Yahya, salah satu acaranya adalah membuat 10 kuliner tebaik atau top ten kuliner di tempat yang paling banyak menjadi tujuan mudik.

"Sudah seru mulai sekarang, jadi kita mengumumkan top ten kuliner di semua destinasi terutama di Pulau Jawa, karena orang paling banyak mudik di Pulau Jawa," katanya saat ditemui di Kementerian Pariwisata, Selasa (5/6/18) malam.

Selain itu, destinasi-destinasi khusus juga diincar oleh Kemenpar untuk menyasar kepada turis lokal. Sama seperti kuliner, akan dibuat 10 peringkat destinasi terbaik.

"Kita membuat top ten destinasi selama Lebaran, selain itu juga ada top ten event Ramadan dan Lebaran. Sehingga teman-teman perasaanya akan sama, kalau orang pulang ke Banyuwangi pengen tahu top ten kulinernya seperti apa. Kemarin Solo juga jadi viral, karena 10 nggak cukup, program itu sudah jalan sekarang," tambah Arief.

Meskipun tidak ada arahan khusus kepada Disbudpar di berbagai daerah, namun Arief mengusulkan untuk membuat berbagai destinasi pilihan tersebut menjadi agenda tersendiri.

"Poin saya, acara-acara seperti itu dibuat calendar of event-nya, Jadi kalau untuk Lebaran pada prinsipnya untuk yang datang dan menyambut tidak perlu diimbau lagi. Orang pulang ke kampung masing-masing, banyaknya sekitar 20 juta, nggak kita minta itu, karena itu keinginan. yang menyambut pun seperti itu." ujarnya.

Arief mengakui jumlah wisatawan, pada bulan Ramadan menurun 50 persen. Namun nantinya ini akan dibantu oleh para pemudik yang akan berkunjung ke berbagai tempat di sejumlah daerah.

"Secara umum, selama Ramadan memang turun 50 persen. Dari 20 juta menjadi 10 juta, tapi saat lebaran kita dapat tambahan 20 juta. Jadi kita tambahkan (targetnya) 20 juta," katanya.

Arief juga mengimbau kepada masyarakat yang ingin mengetahui berbagai destinasi wilayah untuk dikunjungi saat mudik dengan menggunakan hashtag #PesonaMudik 2018.

"Ikuti #PesonaMudik2018, di sana sudah di-guide apa-apa selam perjalanan pun sudah kita guide 3 hal, yakni top ten destinasi wisata, paling banyak Pulau Jawa, karena paling banyak di sana dan Sumatera bagian Selatan, top ten event juga ada, serta top ten kuliner yang tadi juga disebutkan," tutupnya. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar