Jakarta, Indonesia | Saturday, 20-10-2018

NEWS UPDATE

Kemenperin Libatkan Marketplace Online Lokal Untuk Bantu IKM

AL | Selasa,12 Des 2017 - 14:40:02 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menjalin kerjasama dengan tiga pelaku usaha toko dalam jaringan (daring) atau marketplace online lokal, yaitu Tokopedia, Blibli, dan Shopee untuk melaksanakan Program e-Smart IKM (Industri Kecil Mengengah) untuk menjembatani IKM agar bisa masuk ke pasar daring.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto mejelaskan, E-Smart IKM merupakan sistem basis data IKM yang tersaji dalam bentuk profil industri, produk dan sentra yang diintegrasikan dengan marketplace yang sudah ada.

“Dengan memasuki pasar daring, maka permasalahan pemasaran yang seringkali dihadapi IKM bisa ditekan,” katanya di Jakarta, Selasa (12/12/17).

Perjanjian kerjasama antara Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah (Ditjen IKM) Kemenperin dengan tiga pelaku usaha toko daring itu ditandatangani bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), menyusul Bukalapak dan Blanja yang telah melaksanakan kerja sama dengan Ditjen IKM Kemenperin lebih dulu. 

Airlangga memaparkan, berdasarkan data dari asosiasi perdagangan berbasis elektronik Indonesia (IdeA) dketahui dari jumlah penduduk Indonesia yang lebih dari 250 juta jiwa, penetrasi internet menjangkau 90,5 juta jiwa dan diketahui 26,3 juta jiwa telah berbelanja dalam jaringan.

Direktur Jenderal IKM Kemenperin, Gati Wibawaningsih menambahkan, dalam program e-Smart IKM 2017, Kemenperin telah memfasilitasi lebih dari 1.700 pelaku IKM untuk mengikuti lokakarya.

“Dari 1.700 itu, sekitar 30 persennya sudah masuk pasar online,” imbuhnya.

Gati mengatakan, Kememperin memasang target akan melatih 10.00 pelaku IKM di seluruh Indonesia pada 2019 program e-Smart IKM yang memberikan jaminan bahwa produsen adalah pelaku IKM yang diproritaskan masuk dalam marketplace oline itu.

“Kami memberikan pembinaan kepada mereka tentang berbagai hal, baik cara memotret produk yang menarik, cara mengajukan pinjaman ke bank dan berbagai hal, jadi mereka siap untuk bersaing di pasar online,” ujarnya. (red/ist) 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar