Jakarta, Indonesia | Tuesday, 25-09-2018

NEWS UPDATE

Kemenperin Minta IKM Jaga Kualitas di Pasar Online

AL | Rabu,13 Sept 2017 - 15:16:33 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Sukoharjo, CityPost - Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Gati Wibawaningsih, meminta para pelaku IKM di Sukoharjo, Jawa Tengah, untuk tetap menjaga kualitas produk mereka ketika berjualan di pasar online.

"Beli barang online bagus di mata, tapi, kualitas tidak terlihat. Kalau sudah menjadi pemain di e-commerce, maka harus menjaga kepercayaan pasar. Berikan kualitas yang terbaik ke pasar," katanya saat menghadiri pelatihan E-Smart IKM di Sukoharjo, Rabu (13/9/17).

Gati menuturkan, masih banyak produk asing yang beredar di pasar digital Indonesia, terutama dari China yang sulit disaingi bila dilihat dari segi harga. 

"Karakteristik berbelanja di pasar online berbeda dibandingkan dengan membeli langsung ke toko, pembeli tidak dapat langsung menilai kualitas barang. Salah satu cara menjaga kepercayaan konsumen adalah kesesuaian produk yang dikirim dengan apa yang ada di gambar beserta deskripsi barang," ujarnya.

Untuk itulah, Kemenperin mempersiapkan IKM agar tidak ketinggalan zaman dan pasar tidak diambil produk impor dengan memberikan pelatihan kepada 50 IKM yang antara lain memproduksi kerajinan dan produk herbal mengenai pemasaran secara online yang berlangsung selama 12-13 September 2017 di Sukoharo.

"Pelatihan E-Smart IKM adalah salah satu bagian dari program E-Smart IKM agar produk lokal dapat memiliki daya saing di kancah digital. Selain berguna untuk meningkatkan akses pemasaran IKM melalui media online, data dan program e-Smart IKM dapat menjadi bahan analisis pembuat kebijakan pembinaan IKM," jelas Gati. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar