Jakarta, Indonesia | Sunday, 22-07-2018

NEWS UPDATE

Kemenperin Sikapi Permasalahan Susu Kental Manis

RWS | Minggu,08 Jul 2018 - 18:20:26 WIB

Direktur Jenderal Industri Argo, Panggah Susanto/foto ist

Jakarta, CityPost -  Kementerian Perindustrian (kemenperin-red) saat ini menyampaikan bahwa Susu Kental Manis (SKM) merupakan produk yang aman untuk dikonsumsi masyarakat karena semua sudah sesuai dengan standar dan mendapatkan izin edar dari pihak yang berwenang selama ini.

Disebutkan, produk itu diperlukan untuk pelengkap tambahan dalam menyajikan berbagai menu kuliner, seperti kopi, teh atau martabak manis.

Melansir keterangan Direktur Jenderal Industri Argo, Panggah Susanto mengatakan SKM merupakan salah satu bagian dari berbagai macam produk turunan susu. Standar SKM diatur oleh Peraturan Kepala BPOM Nomor 21 Tahun 2016 tentang Kategori Pangan yang disusun berdasarkan standar internasional Codex Alimentarius.

Selanjutnya, menurut Panggah. Perka BPOM kategori pangan 01.3 produk susu kental dan analognya SKM adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu atau merupakan hasil rekonstitusi susu bubuk dengan penambahan gula dan atau tanpa penambahan bahan lain.

“Apabila produk susu kental manis tidak memenuhi deskripsi sesuai standar tersebut maka izin edar susu kental manis tidak akan dikeluarkan oleh BPOM,” terang Panggah di Jakarta pada Sabtu (7/6) kemarin.

Diketahui, saat ini produksi SKM di dalam negeri mencapai 812 ribu ton pertahunnya. Sementara itu nilai investasi disektor usaha ini telah tembus diangka Rp. 5,4 triliun dengan total penyerapan tenaga kerja sebanyak 6.652 orang. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar