Jakarta, Indonesia | Friday, 21-09-2018

NEWS UPDATE

Kesiapan Bandara Kertajati Sudah Diumumkan ke Seluruh Dunia

AL | Jumat,09 Mar 2018 - 15:19:00 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan telah mengumkan bandara Kertajati, di Majalengka, Jawa Barat siap untuk didarati pesawat terbang dari seluruh dunia.

"Prosedur untuk pendaratan di Kertajati, per 1 Maret lalu sudah kami umumkan ke seluruh dunia bahwa ada bandara baru di Kertajati dan ini nanti akan diterbangi secara umum," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, di Jakarta, Jum`at (9/3/18)

Sesuai rencana awal, Bandara Kertajati akan digunakan sebagai embarkasi haji Jawa Barat pada Juli 2018. Karena selama ini, pemberangkatan jemaah haji Jawa Barat masih ditampung sepenuhnya oleh Bandara Internasional Soekarno-Hatta, di Cengkareng, Banten. Agus mengatakan bahwa kesiapan pelayanan aspek udara telah mencapai 100 persen, termasuk landas pacu, landas langsir, landas parkir pesawat terbang, menara pemantau hingga garbarata.

"Sebagai gambaran, jika nanti tuntas dibangun, panjang landas pacunya bisa mencapai 3.500 meter sehingga pesawat terbang lorong ganda bisa mendarat, di antaranya Boeing B-787 Dreamliner, Boeing B-777 series, Airbus A-350 series, atau pesawat angkut berat militer di kelas C-5A Galaxy," jelasnya.

Agus menuturkan, peresmian awal Bandara Kertajati akan dilakukan pada 1 Mei dan peresmian utama pada Juni mendatang. Sedangkan, pemberangkatan haji pertama kloter pertama dari bandara berkode KJT itu rencananya akan dilakukan 15 Juli 2018.

Bandara Kertajati yang dibangun dengan biaya seniai Rp 2,6 triliun ini diproyeksikan dapat meringankan beban Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, di Jakarta Timur sebagai embarkasi haji. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar