Jakarta, Indonesia | Tuesday, 11-12-2018

NEWS UPDATE

Kirim TKI Ilegal Bakal Dituntut 15 Miliar Dan 10 Tahun Bui

RWS | Senin,06 Nov 2017 - 22:54:05 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Maraknya TKI ilegal yang berada dinegara luar dan menjadi korban penganiayaan dan terlibat dalam berbagai kasus pidana membuat pemerintah Indonesia menetapkan aturan tegas bagi para penyalur nakal yang kerap mengirimkan TKI secara ilegal.

Payung hukum tenaga kerja Indonesia saat ini sudah disahkan DPR RI pada akhir Oktober 2017 tentang UU Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI-red). Untuk itu, jika ada pelaku pengiriman TKI Ilegal bisa diancam dengan hukuman pidana maksimal 10 tahun penjara dan denda maksimal 15 miliar.

Direktur Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Luar Negeri, Kemenaker RI R Soes Hindharno mengatakan ini harus menjadi perhatian yang serius bagi para stakeholder dalam penempatan pekerja migran. Ancaman pidana dan denda diberlakukan bersama-sama, bukan pidana atau denda saja.

Lanjut, Soes menerangkan. Terkait sangsi yang berat tersebut pihaknya berharap tidak lagi ada kesalahan administrasi dalam menempatkan para pekerja migran. Khususnya bagi aparat sipil negara, baik dipusat maupun daerah hingga desa. Semua harus memperhatikan masalah rekruitmen, persiapan dan peningkatan keterampilan pekerja migran yang merupakan tanggung jawab pemerintah diantara peran PPTKIS sebagai marketing penempatan. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar