Jakarta, Indonesia | Sunday, 16-12-2018

NEWS UPDATE

Komisi II DPR Gelar Raker Bersama Mendagri, KPU dan Bawaslu

WDP | Kamis,06 Des 2018 - 19:33:05 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Komisi II DPR RI menggelar rapat kerja bersama Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada Kamis (6/12/18). Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi II Herman Khaeron ini membahas evaluasi terkait persiapan Pemilu 2019 yang telah dilakukan, termasuk komitmen pemerintah mengenai penyelesaian e-KTP

Hadir dalam rapat kerja itu di antaranya Mendagri Tjahjo Kumolo, Ketua Bawaslu Arief Budinam, dan Ketua Bawaslu Abhan. Selain itu tampak sejumlah Dirjen di Kemdagri dan komisioner KPU dan Bawaslu lainnya.

"Raker terkait persiapan Pemilu. Tentu ada banyak hal yang bisa kita evaluasi hari ini. Kami ada waktu sampai tanggal 13 karena setelah itu reses. Setelah itu ketemu di 2019. Untuk itu kita dalami betul dan ini terkait masa akhir komitmen pemerintah menyelesaikan KTP elektronik yang di UU Pemilu sebagai syaarat mutlak. Dengan mengucapkan bismillah raker terbuka untuk umum," ungkap Herman. 

Selain masalah pemilu dan e-KTP, Herman juga meminta beberapa penjelasan tentang data ganda. Serta hak pilih untuk penyandang disabilitas.

"Nanti kita mohon penjelasannya Pak Menteri," kata Herman.

Sementara itu terkait KTP elektronik Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan kementeriannya telah menyerahkan seluruh data KTP elektronik kepada KPU untuk kemudian dijadikan bahan penyusunan daftar pemilih tetap (DPT). Sudah 97 persen menurutnya warga yang memiliki KTP elektronik.

"Tapi secara detail pemerintah sudah jemput bola dimana mana secara maksimal hampir secara keseluruhan di semua daerah sudah di atas 95 persen kecuali Papua ya dan Papua Barat. Kecuali Papua yang masih 70 persen," pungkasnya. (WDP/CityPost)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar