Jakarta, Indonesia | Friday, 25-05-2018

NEWS UPDATE

Komisi Intelejen Senat Pilih Haspel Jadi Direktur CIA

RWS | Kamis,17 Mei 2018 - 20:05:03 WIB

Gina Haspel/foto ist

CityPost – Gina Haspel saat ini ditengarai namanya sudah disetujui oleh Komisi Intelejen Senat untuk menempati posisi Direktur CIA. Penunjukkan itu kabarnya tengah diteruskan ke Senat dan pekan depan akan diputuskan secara final.

Fraksi Republik yang ditengarai memiliki mayoritas tipis di Senat, namun lima senator Demokrat telah menyatakan bakal mendukung Haspel agar bisa memimpin CIA dan menjadi perempuan pertama yang berada dipucuk pimpinan CIA.

Sementara itu, Haspel pada Senin lalu tengah menulis surat ke Senator Mark Warner, pemimpin Fraksi Demokrat di komisi intelejen tersebut yang menyatakan bahwa CIA seharusnya tidak melangsungkan program interogasi keras pasca serangan teroris pada 11 September 2001 silam di AS.

Program itulah yang disebutkan pernah diperkenalkan oleh Presiden George W Bush yang memperbolehkan Waterboarding dan tindakan-tindakan keras lainnya terhadap para tersangka teroris.

Disebutkan para penantang program itu menyebutkan waterboarding adalah bentuk penyiksaan. Waterboarding adalah teknik interogasi yang dikenakan kepada tahanan dengan cara mengikat tangah dan wajah lalu kepalanya ditutup dan disiram air. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar