Jakarta, Indonesia | Friday, 25-05-2018

NEWS UPDATE

Konglomerasi Hongkong Jadi Penasehat PM Malaysia

RWS | Senin,14 Mei 2018 - 14:39:29 WIB

Milioner Hong Kong Robert Kuok didaulat jadi penasehat PM Malaysia Mahathir Mohamad/foto ist

CityPost – Seorang milioner Hong Jong bernama Robert Kuok (94) saat ini didaulat menjadi Dewan Penasehat khusus pemerintah Malaysia. Hal itu kabarnya dilakukan karena Kuok sendiri merupakan sosok kelahiran Malaysia.

Melansir SCMP pada Minggu (13/5) kemarin, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad mengatakan salah satu dari lima warga Malaysia yang terkenal akan menjadi bagian dari Council of Eminent Persons. Disebutkan dewan ini dibentuk guna memberikan masukan dan nasehat kepada pemerintah pada masa transisi pemerintahan Pakatan Harapan (PH).

Diketahui, sejumlah anggota lain yang masuk dalam panel tersebut adalah mantan gubernur bank sentral Malaysia Zeti Akhtar Aziz, mantan menteri keuangan Daim Zainuddin, mantan pemimpin perusahaan minyak negara Petronas Hassan Marican dan ekonom terkemuka KS Jomo.

Mahathir mengatakan anggota panel tersebut akan memberikan nasehat seputar administrasi dalam menjalankan roda pemerintahan.

Sementara itu bagi Kuok sendiri yang diketahui lahir dinegara bagian Johor, Malaysia Selatan. Jabatan tersebut bukan pertama kalinya dilakukan dalam memberikan konseling kepada para pejabat politik Malaysia.

Kuok menulis pada sebuah memoar bahwa dia memiliki akses mudah kepara pemimpin Malaysia termasuk pada saat mantan perdana menteri Abdul Rahman menjabat juga saat Abdul Razak yang merupakan ayah dari Najib Razak.

Kendati demikian, kehadiran Kuok sendiri tengah memicu stigma negative dari orang terdekat Najib yang menyebutkan bahwa Kuok dituduh tengah mendanai oposisi hingga memperoleh jabatan tersebut.

Namun semua itu dibantah ole Kuok dan Kuok saat ini mengancam akan menempuh jalur hukum terkait tudingan yang mensasar dirinya. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar