Jakarta, Indonesia | Sunday, 25-02-2018

NEWS UPDATE

Korban Tewas Badai Tembin Mencapai 200 orang

RWS | Senin,25 Des 2017 - 17:14:22 WIB

Banjir Bandang di Filipina karena badai Tembin/ foto ist.

CityPost – Bencana alam banjir dan tanah longsor yang melanda kawasan Filipina dikatakan tengah dipicu oleh adanya badai tropis Tembin yang hingga kini telah menewaskan sebanyak 200 orang. Badai itu menerjang sejak awal Jumat (22/12) lalu.

Selain korban tewas, pulihan orang lainnya dikabarkan masih menghilang hingga saat ini saat badai itu menyapu selatan Filipina disertai dengan turunnya hujan lebat yang terjadi pada Sabtu (23/12) malam lalu.

Kepolisian Nasional Filipina Inspektur Lemuel Gonda mengatakan ada 135 orang meninggal dunia di Mindanao Utara dan 47 lainnya di Semenanjung Zamboanga selama badai menerpa kawasan Filipina dan sekitarnya.

Sementara itu, salah seorang anggota parlemen Zia Alonto Adiong dari Daerah otonom Muslim Mindanao (Autonomous Region in Muslim Mindanao/ARMM) mengabarkan ditempatnya ada sebanyak 18 orang korban tewas di kawasan ARMM.

Kendati banyaknya laporan yang masuk, Dewan Pengelolaan dan Pengurangan Resiko Bencana Nasional (National Disaster Risk Reduction and Management Council/NDRRMC) itu sendiri masi memisahkan laporan-laporan dari daerah yang terdampak badai Tembin.

Spesifikasi korban tewas antara lain, 135 di Mindanao Utara, 127 orang Lanao del Norte, 6 dari Bukidnon, satu dari lligan dan satu dari Msamis Occidental kemudian 72 lainnya dikatakan masih hilang hingga saat ini.

Juru bicara NDRRNC Romma Marasigan mengatakan sebelumnya pihak NDRRNC menerima laporan tidak resmi bahwa 75 orang meninggal dunia dan 58 lainnya meninggal didaerah itu. Kendati demikian lembaganya belum memvalidasi laporan gabungan tersebut.

“tersebar luas, hujan sedang sampai lebat akan merata di Palawan, sementara hujan ringan sampai sedang dan kadang berat akan melanda bagian barat Visayas dan Mindanao selama 24 jam. Kemungkinan adanya lebih banyak banjir dan tanah longsor dan perjalanan laut masih beresiko” ujarnya seperti yang dilansir melalui reuters. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar