Jakarta, Indonesia | Tuesday, 19-06-2018

NEWS UPDATE

Korea Utara Komitmen Terkait Denuklirisasi

RWS | Rabu,13 Jun 2018 - 23:09:45 WIB

Pertemuan antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un berjalan mulus/foto ist

CityPost – Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong Un menyampaikan bahwa pihaknya berjanji untuk melakukan denuklirisasi, hal itu terlihat dari dokumen yang ditandatangani pasca pertemuan bersama Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Disebutkan bahwa perjanjian itu menyerukan sebuah tekad bersama dari kedua negara yakni Amerika Serikat dan Korea Utara untuk sama-sama berupaya membangun perdamaian abadi di Semenanjung Korea.

Selain itu, komitmen mereka juga untuk mengedepankan harmonisasi hubungan yang baik antara AS dan Korea Utara dimasa mendatang dan keduanya berjanji melakukan perundingan lanjutan pasca pertemuan perdana di Pulau Sentosa, Singapura dilakukan.

Kendati dalam draf dokumen perjanjian tidak dipaparkan secara rinci terkait denuklirisasi yang disampaikan dalam acara konferensi pers, Trump menyebutkan bahwa pihaknya akan memulai proses tersebut dengan sangat cepat.

Sementara itu, terkait latihan perang yang telah menghabiskan banyak biaya kabatnya akan dihentikan oleh Donald Trump.

“Kami tidak akan melanjutkan latihan perang yang menghabiskan begitu banyak anggaran,” tegas Trump yang merujuk latihan militer pihak AS dan Korea Selatan.

Terkait perundingan yang dilakukan bersama Kim Jong Un, Trump optimis langkah yang dilakukan telah berlangsung dengan jujur dan prduktif.

“Pertemuan saya dengan Kim berlangsung jujur, langsung dan produktif. Kami saling mengenal satu sama lain dalam waktu yang sangat terbatas,” tukas Trump. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar