Jakarta, Indonesia | Thursday, 13-12-2018

NEWS UPDATE

Korea Utara Rayakan Keberhasilan Uji Bom Hidrogen

AL | Kamis,07 Sept 2017 - 13:06:41 WIB

Perayaan kesuksesan uji bom hidrogen di Kim Il Sung Aquare Korea Utara, Rabu (6/9/17).foto.ist

Pyongyang, CityPost - Korea Utara menggelar perayaan massal di Pyongyang untuk para ilmuwan yang terlibat dalam uji coba peledakan bom hidrogen dengan pawai di jalan-jalan dan pesta kembang api pada Rabu (6/9/17) kemarin.

Warga Pyongyang yang ikut pawai berbaris di jalan-jalan sambil melambaikan pom-pom warna merah muda dan ungu, mereka bersorak-sorai ke arah konvoi bus yang membawa para ilmuwan ke dalam kota lalu melemparkan bunga kertas hiasan kepada para ilmuwan saat mereka mulai berjalan memasuki Lapangan Kim Il-Sung.

"Kita menyampaikan penghormatan agung kepada Kamerad Kim Jong-Un, Sang Pemimpin Tertinggi yang telah membawa kita ke pencapaian tertinggi dalam sejarah bangsa Korea," tulis salah satu banner di lapangan itu.

Banner bergambar peluru kendali di truk pengangkut misil yang bertuliskan kalimat "Tidak ada seorang pun yang boleh menghentikan kita berjalan ke masa depan" juga terpampang di lapangan.

Uji coba bom hidrogen itu memicu kecaman dunia. Amerika Serikat, Korea Selatan, Jepang dan negara lainnya  meminta agar Dewan Keamanan PBB memberi sanksi lebih keras lagi kepada Korea Utara.

Dilansir AFP, ledakan bom hidrogen di semenanjung Korea Minggu (3/9) pekan lalu itu adalah peledakan bom keenam oleh Korea Utara dan yang merupakan ledakan terdahsyat. Suasana tenang tiba-tiba menjadi gaduh. China, Jepang, dan Korea Selatan dikejutkan guncangan akibat gempa bumi.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (United States Geological Survey/USGS) melaporkan bahwa gempa berkekuatan 6,3 Skala Richter.

Terkuak bahwa gempa bumi  itu diakibatkan oleh ulah Korea Utara yang baru saja melakukan uji coba bom hidrogen di bawah tanah di wilayah Punggye-ri, yang merupakan daerah pegunungan terpencil.

Bom hidrogen atau Bom-H, adalah senjata mengerikan yang jauh lebih dahsyat ketimbang bom atom yang dihasilkan dari reaksi fisi, dan memanfaatkan ledakan nuklir guna menghasilkan suhu padat yang dibutuhkan untuk menciptakan reaksi fusi. (red/ist)




Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar