Jakarta, Indonesia | Tuesday, 22-05-2018

NEWS UPDATE

Korsel Mulai Terapkan Sanksi Untuk Korea Utara

RWS | Selasa,12 Des 2017 - 06:45:34 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Pemerintahan Korea Selatan dikabarkan akan memberlakukan sanksi sepihak bagi Korea Utara dalam upaya menekan negara tersebut terkait peluncuran uji rudal balistik yang kerap dilakukan dengan tidak mengindahkan resolusi PBB.

Sanksi sepihak itu ditengarai meliputi 20 organisasi Korea Utara, termasuk Bank dan perusahaan dagang serta 12 individu Korea Utara yang mayoritas merupakan Bankir dalam daftar hitam.

“Organisasi-organisasi dan individu itu terlibat dalam penyediaan dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan senjata pemusnah massal atau perdagangan ilegal barang-barang yang kena sanksi,” ujar pejabat korsel seperti dilansir melalui Yonhap news.

Kebijakan sanksi yang diberikan Korsel  diketahui saat ini menambah sanksi yang sebelumnya diberikan dari Dewan Keamanan PBB, yang menjatuhkan negara miskin dan terasing Korea Utara dengan rentetan sanksi nuklir.

Embargo terhadap Korea Utara saat ini juga disetujui oleh pihak China yang selama ini diketahui sebagai sekutu diplomatik dan militer. Dukungan China untuk PBB tersebut ditengarai setelah sebelumnya mengajukan opsi perundingan dalam meredakan ketegangan yang dianggap tidak berhasil.

Korea Selatan sendiri menambahkan sanki untuk Korut dengan menghalangi personal dan entitas warga atau perusahaan Korea Selatan untuk bertransaksi dengan Korea Utara, khususnya bagi mereka yang namanya masuk kedalam daftar hitam. Kendati demikian sepertinya sanksi tersebut masih bersifat simbolik mengingat adanya hubungan ekonomi inter-Korea minim.  (RWS/is)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar