Jakarta, Indonesia | Sunday, 22-07-2018

NEWS UPDATE

Korut Tuding AS Rusak Harmonisasi Hubungan Dengan Korsel

RWS | Kamis,25 Jan 2018 - 05:42:19 WIB

Duta Besar Korea Utara bagi Konferensi Perlucutan Hae Tae Song/ foto ist

CityPost – Harmonisasi hubungan antara kedua negara yakni Korea Utara dan Korea Selatan yang saat ini sedang terjalin disebutkan terganggu karena pihak Amerika Serikat. Hal itu disampaikan Duta Besar Korea Utara bagi Konferensi Perlucutan Hae Tae Song.

Han mencela Amerika Serikat pasalnya telah “Melemparkan Selimut Basah Di Atas” hubungan yang sedang menghangat diantara Korea Utara dan Korea Selatan. Hal itu disampaikannya dalam sidang konferensi di Jenewa pada hari Selasa (23/1) yang mengatakan bahwa situasi di Semenanjung Korea telah berubah drastis berkat upaya negaranya.

Menurut Han, momen tersebut sangat baik bagi rekonsiliasi dan kerjasama yang telah dilahirkan antar kedua negara Korea. Dia menyebutkan kebijakan bermusuhan AS terhadap Korea Utara sangat bertentangan terhadap upaya pengurangan ketegangan.

Oleh karenanya Han meminta AS secara permanen menghentikan latihan militer gabungannya dengan Korea Selatan jika AS ingin hubungan antar Korea membaik. Seperti yang dilansir melalui laporan media Jepang NHK.

Dikabarkan sebelumnya, pihak Washington dan Seoul telah sepakat untuk menunda latihan bersama menjelang dimulainya Olimpiade Musim Dingin PyeongChang di Korea Selatan yang akan dimulai pada bulan depan.

Duta Besar AS Robert Wood mengatakan upaya untuk menggangu kordinasi internasional akan gagal dengan mengatakan bahwa tekanan internasional akan berlanjut kecuali Pyongyang mulai mengambil langkah menuju penghapusan program nuklirnya. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar