Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

KPK Jaring Puluhan Anggota DPRD, Buat Mendagri Gusar

RWS | Minggu,02 Sept 2018 - 22:32:17 WIB

Mendagri Tjahjo Kumolo/Foto ist

Jakarta, CityPost – Puluhan anggota DPRD Kota Malang, Jawa Timur dikabarkan tengah terjaring KPK terkait skandal korupsi. Sebanyak 41 orang terjerat dari 45 total anggota yang ada, dengan demikian hanya ada empat anggota yang tidak terjerat.

Hal itulah yang kabarnya membuat Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo gusar, pasalnya sisa empat anggota yang tidak terjaring tidak bisa mengambil keputusan, seperti pelantikan pelaksana tugas Wali Kota hingga masalah APBD yang disebut tidak bisa berjalan karena tidak memenuhi syarat quorum.

“Untuk mengatasi persoalan pemerintahan dan agar tidak terjadi stagnasi pemerintahan akan dilakukan diskresi Mendagri,” terang Tjahjo melalui pesan singkatnya pada Minggu (2/9) hari ini.

Disebutkan, Tjahjo mengambil langkah diskresi dikarenakan mengacu pada undang-undang Nomor 30 tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. Peraturan tersebut menurut Tjahjo memang mengatur masalah diskresi.

Tjahjo mengatakan keputusan diskresi diambil agar pemerintahan Kota Malang tetap bisa berjalan dan memberikan pelayanan kepada masyarakat kendati anggota DPRDnya menjadi pesakitan kasus dugaan korupsi.

“Besok tim otonom daerah Kemendagri ke Malang atau akan undang Sekda dan Sekretaris Dewan. Sudah saya perintahkan buat payung hukum agar pemda berjalan, apapun pemda tersebut ya pemda dan DPRD dan Forkompimda setempat,” tegas Tjahjo.

Diketahui, melalui lansiran laman setkab.go.id, UU Diksresi hanya bisa dilakukan oleh Pejabat Pemerintahan yang berwenang untuk tujuan melancarkan penyelenggaraan pemerintahan dan mengisi kekosongan hukum. Selain itu untuk mengatasi stagnasi pemerintahan dalam keadaan tertentu agar kebermanfaatannya bisa dilakukan untuk kepentingan umum. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar