Jakarta, Indonesia | Saturday, 17-11-2018

NEWS UPDATE

KPU : Calon Independen Harus Perhatikan Syarat Dukungan

AL | Jumat,03 Nov 2017 - 15:56:56 WIB

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asyari.foto.ist

Jakarta, CityPost - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asyari mengingatkan bahwa bakal calon kepala daerah harus memperhatikan syarat minimal dukungan yang harus disampaikan kepada KPU di daerah jika ingin maju sebagai calon perseorangan (calon independen).

"Informasi batas dukungan minimum bagi calon perseorangan diumumkan pada 9-22 Oktober 2018 mendatang," katanya saat dikonfirmasi, Jumat (3/11/17)

Hasyim menuturkan, pihaknya juga sudah menyampaikan sejumlah data wajib yang menjadi rujukan untuk menetapkan batas minimal dukungan bagi calon kepala daerah independen.

"Kami sudah sampaikan kepada masing-masing KPU di tingkat provinsi, kabupaten dan kota  menentukan berapa batas minimal dukungan yang diperlukan oleh calon perseorangan. Ketentuan itu ada di masing-masing KPU daerah, lalu KPU pusat akan melakukan rekapitulasi," jelasnya.

Selain itu, Hasyim memastikan bahwa KPU pusat juga akan mengkonfirmasi data-data yang sudah ditetapkan oleh KPU daerah. Ia menambahkan, data yang akan menjadi rujukan bagi penetapan syarat dukungan minimum adalah data jumlah pemilih. Karena itulah, KPU meminta bakal calon kepala daerah yang ingin maju dalam Pilkada mendatang secara independen agar memperhatikan aturan syarat dukungan minimal tersebut. Hasyim berharap, calon kepala daerah dapat mempersiapkan dukungan sesuai aturan yang baru.

"Harus dipenuhi dulu syarat dukungannya sebagai syarat pencalonan. Setelah itu, baru nanti memenuhi syarat-syarat sebagai calon peserta Pilkada 2018," pungkasnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar