Jakarta, Indonesia | Thursday, 14-12-2017

NEWS UPDATE

Lahan Gambut Muaro Jambi Mulai Dipetakan

Hen | Jumat,24 Nov 2017 - 09:28:45 WIB

Ilustrasi lahan gambut Jambi/foto ist.

Jakarta, CityPost – Restorasi lahan gambut seluas 2 juta hektar saat ini tengah menjadi target pihak MCA Indonesia. Program tersebut rencananya akan direalisasikan bekerja sama dengan Badan restorasi Gambut (BRG-red) bersama stakeholder engagement dan pemerintah Provinsi Jambi.

Wilayah yang dituju adalah Kabupaten Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur. Kegiatan awal dalam proses rencana tersebut dimulai dengan pemetaan Light Detection and Ranging didaerah lahan gambut, Muaro Jambi dan Tanjung Jabung Timur seluas 200.000 hektar.

Program ini disebutkan sebagai kegiatan lanjutan yang telah dilakukan sebelumnya diwilayah Pontianak seluar 50 ribu hektar pada November 2017. Pelaksanaan LIDAR ini dikatakan dibiayai oleh MCA Indonesia yang dilaksanakan oleh PT Asi Pujiastuti Geosurvey (APG-red).

Menurut Iwan Qodar salah seorang petugas APG mengatakan hasil pemetaan LIDAR dengan dana MCA Indonesia akan menjadi kontribusi terhadap target restorasi gambut BRG.

“Hasil pemetaan LIDAR dapat dimanfaatkan untuk menentukan titik konstruksi sekat kanal ataupun rencana vegetasi diwilayah lahan gambut,” ujarnya. (Hen/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar