Jakarta, Indonesia | Monday, 10-12-2018

NEWS UPDATE

LASIK Hanya Boleh Dilakukan Untuk Usia 18 Tahun Keatas

AL | Senin,30 Apr 2018 - 13:07:01 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - spesialis mata dari SILC Lasik Center, dr. Sophia Pudjiastuti, SpM (K), MM  menyarankan prosedur laser assisted in situ keratomileusis (LASIK) hanya untuk mereka yang telah berusia 18 tahun ke atas.

"Usia di atas 18 tahun, secara teori kelainan refraksi sudah stabil. Kalau kelainannya berubah, maka kelainan akan muncul lagi di masa mendatang," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (30/4/18).

Sophia menjelaskan, kondisi kelainan penglihatan yang berubah menjadikan hasil prosedur lasik menjadi tak sesuai harapan, sehingga jika sudah berusia di atas 18 tahun, maka calon pasien harus dipastikan kelainan refraksinya stabil selama 6-12 bulan. Selain masalah usia, kondisi hamil dan menyusui juga menjadi batasan seseorang menjalani LASIK. Sebelum diLASIK, seseorang harus dalam sistem tubuh yang sehat.

"Tidak sedang hamil dan menyusui. Ini berhubungan dengan faktor hormonal, terganggu. Butuh waktu agar sistem tubuh sehat atau kembali ke kondisi natural dengan harapan kelainan refraksi sudah stabil," ujarnya.

Sophia menambahkan, syarat lainnya sebelum seseorang menjalani LASIK yaitu tidak mengalami gangguan kesehatan mata semisal katarak atau glukoma, miopi minus 1 dioptri sampai minus 13 dioptri, astigmatisma minus 1 hingga minus 5 dioptri dan hipermetropi plus 1 sampai plus 4 dioptri. Selain itu, seseorang yang ingin menjalani lasik juga harus menjalani sederet pemeriksaan mulai dari pemeriksaan tajam penglihatan, kornea, struktur bola mata, tekanan bola mata dan air mata.

"Bila pemeriksaan pra lasik dinyatakan tak layak, dia tak bisa dilasik," tutupnya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar