Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Letusan Gunung Kilauea di Hawaii Ciptakan Pantai Baru

RAN | Jumat,11 Jan 2019 - 16:30:20 WIB

Letusan Gunung Kilauea di Pulau Hawaii.foto.ist

Hawaii, CityPost - Letusan Gunung Berapi Kilauea di Pulau Hawaii pada Maret 2018 menyebabkan kerusakan parah di daerah itu. Dilaporkan CNN, periatiwa ini menyebabkan kerugian besar bagi rumah dan bisnis di pulau itu karena kehilangan sekitar USD 480 juta dari sektor pariwisata. 

Namun di sisi lain, aliran lava dari letusan gunung itu juga menciptakan pantai pasir hitam baru di pulau tersebut, bersama dengan dua tempat selancar baru yang terletak di Isaac Kepo1okalani Hale Beach Park. Hal ini membuat para pejabat setempat berharap para pengunjung akan berdatangan untuk merayakan kembalinya pulau yang besar itu.

"Kami berharap komunitas dan pengunjung kami dapat membuat kenangan baru dengan orang-orang terkasih di tempat ini, dan selalu meningat pulau Hawaii memiliki kemampuan unik untuk terus berkembang," kata direktur eksekutif Biro Pengunjung Hawaii, Ross Birch.

Mengenai bagaimana pantai baru ini terbentuk. Tina Neal senagai ilmuwan yang bertugas di USGS Hawaiian Volcano Observatory, menjelaskan, lava cair panas yang berinteraksi dengan air laut dingin menghasilkan ledakan. Bagian dari itu adalah aksi gelombang memecah lahar baru. Semua yang menghasilkan sumber pasir, dan pasir itu terbawa oleh arus laut ke garis pantai ke tempat-tempat di mana ia akan menumpuk secara alami

Para wisatawam juga sudah diizinkan untuk mengunjungi pantai yang baru. Namun, Birch mencatat bahwa semua pengunjung harus berhati-hati menghabiskan waktu di area rekreasi mana pun dan tidak disarankan berenang di pantai, karena ada arus yang sangat kuat meskipun ada penjaga pantai yang bertugas berjaga-jaga. (RAN/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar