Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Lindungi TKI, Indonesia Bermitra Dengan Brunei

RWS | Jumat,04 Mei 2018 - 17:58:24 WIB

Sultan Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah berjabat tangan dengan Presiden RI Joko Widodo/foto ist

Jakarta, CityPost – Untuk melindungi keberadaan para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) saat ini pemerintah Indonesia tengah menjalin kerjasama dengan pemerintah Brunei Darussalam. Kedua negara ditengarai sudah mempersiapkan kontrak kerja sama terkait penempatan dan perlindungan TKI yang ada di Brunei.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan pembahasan draft MoU yang akan menjadi dasar hukum kerjasama akan dinegosiasikan oleh kedua negara.

“Saya sampaikan kepada Pak Menaker pada tingkat menteri luar negeri kita sudah sepakat untuk menyegerakan negosiasi tersebut dengan harapan negosiasi tersebut dapat segera diselesaikan,” tukas Retno di Istana Bogor pada Kamis (3/5) kemarin.

Retno menjelaskan, nantinya draft MoU itu akan mengatur semua yang terkait dengan penempatan dan perlindungan para TKI. Seperti halnya masalah struktur biaya yang selama ini belum pernah dibahas oleh kedua negara hingga bisa membuat para TKI merasa terbebani dengan biaya penempatan.

Retno menilai, nantinya dengan adanya bentuk kerjasama itu maka diharapkan hak-hak para TKI yang berada di Brunei Darussalam akan bisa dilindungi. Hingga kini TKI yang berada di Brunei itu sendiri mencapai 80 ribu.

“tenaga kerja kita bisa saja dia terbebani selama beberapa bulan untuk membayar biaya kembali biaya penempatan. Jadi saya kira cost structure ini adalah isu yang selalu menjadi perhatian dari pak menteri,” ujar Retno.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo sendiri tengah meminta kepada Sultan Brunei Darussalam, Sultan Haji Hassanal Bolkiah untuk memberikan perhatian dan keamanan bagi para TKI yang ada di Brunei.

“Sultan mengatakan sudah merupakan komitmen bagi sultan untuk memperhatikan keamanan, kesejahteraan mereka yang ada di brunei Darussalam,” uajr Retno. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar