Jakarta, Indonesia | Saturday, 20-10-2018

NEWS UPDATE

Macron Berencana Perbaiki Hubungan Dengan Warga Muslim

RWS | Rabu,14 Feb 2018 - 09:43:25 WIB

Presiden Perancis Emmanuel Macron/ foto ist.

CityPost – Presiden Perancis Emmanuel Macron kabarnya saat ini tengah berencana untuk menjalin kembali harmonisasi hubungan baik dengan warga Muslim. Untuk merealisasikannya, pemerintahan yang dipimpinnya sedang mengupayakan langkah fundamental dalam mereformasi organisasi Muslim dinegaranya.

Melalui harian Journal du Dimache Macron mengatakan dia ingin mengakhiri pertikaian diseluruh Perancis yang selama ini ditengarai dipicu oleh serangan kelompok militan dalam beberapa tahun belakangan ini.

Selain itu, Macron juga menilai reformasi yang dimulai selama triwulan pertama di 2018 salah satunya adalah perang melawan fundamentalisme Islam, merestrukturisasi organisasi Muslim dan mengatur hubungan mereka dengan masyarakat lainnya. Namun sayangnya Macron tidak menjelaskan rincian dari reformasi tersebut, dia mengaku enggan mengungkapkannya karena sedang berjalan.

“kalangan cendikiawan dan akademisi masih terus bertukar pikiran untuk meletakkan landasan proyek tersebut. Untuk itu perlu adanya reformasi pada hubungan yang bermasalah antara Islam dan Republik Perancis,” tukasnya.

Sementara itu, dari sudut pandang konstitusi, menurut Macron Perancis adalah negara sekuler. Bahkan menurut survei yang belum lama ini dilakukan oleh Institute Francais de l`opinion Publique (IFOp) sebanyak 56 persen responden menyetujui Islam dan masyarakat Perancis bisa hidup berdampingan. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar