Jakarta, Indonesia | Tuesday, 11-12-2018

NEWS UPDATE

Mahasiswa IPB Racik Minuman Dari Oncom

AL | Kamis,21 Jun 2018 - 18:27:57 WIB

O`Sheak, minuman berbahan dasar oncom racikan mahasiswa IPB.foto.ist

Bogor, CityPost - Lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berinovasi dengan meracik minuman dari oncom yang dikolaborasikan dengan buah tropis nanas sebagai minuman anti penuaan atau anti aging menyegarkan yang diberi nama O`Sheak.

Kelima mahasiswa yang tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) di bawah bimbingan Sutrisno Koswara Husnul Rais ini adalah Alfurqan Nur Aziz, Apip Nurdin, Muhammad Samsul Arifin, dan Fahri Sinulingga. 

Husnul, yang merupakab mahasiswa Departemen Ilmu Pangan dan Teknologi IPB menjelaskan, O`Sheak merupakan minuman yang menyegarkan dan menyehatkan, karena mengandung Bifidobacteria. 

"Kandungan ini bermanfaat bagi tubuh terutama bagian pencernaan serta kandungan dari nanas yang akan menambah kandungan gizi dalam minuman ini," katanya dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis (21/6/18).

Pemilihan buah nanas sebagai kombinasi ekstrak oncom bukan tanpa alasan. Menurut Husnul, produksi buah nans di Indonesia cukup besar sehingga mudah didapatkan. Harga buah nanas juga terjangkau, mudah diolah dan bahkan bisa dikombinasikan dengan oncom. Keunggulan dan keunikan dari minuman O’Sheak ini terletak pada bahan dasarnya yaitu oncom. 

"Kandungan oncom yang menyehatkan tubuh dan kesegaran rasa O’Sheak akan membuat orang penasaran. "Karena tidak semua orang menyukai oncom, tentu banyak orang jadi penasaran," ujarnya.

Husnul dan rekan-rekan satu timnya menyadari, tidak semua orang menyukai oncom. Untuk mengantisipasinya, mereka melakukan strategi pemasaran berbeda dengan menerapkan konsep `Minum dulu baru bayar` untuk menghadapi konsumen yang memang dari awal tidak menyukai oncom.

"Kami menyuruh konsumen untuk meminum O`Sheak terlebih dahulu, kemudian jika konsumen suka dan menurutnya enak, baru membayar. Kenapa seperti itu? Karena ada orang-orang yang tidak menyukai oncom," tuturnya.

Husnul mengaku O`Sheak banyak mendapat respon positif dari para konsumen. Banyak konsumen yang menyukai O’Sheak, bahkan ada yang membeli berulang-ulang dalam sehari. Sampai saat ini, Husnul dan tim sudah menjual 50 botol O’Sheak.

Tantangan lain yang dihadapi Husnul dan rekan-rekan adalah pandangan konsumen bahwa O‘Sheak adalah produk yang jelek karena sifatnya mengendap. Husnul menjelaskan, produk organik yang baik memiliki sifat mengendap dan tidak tahan lama atau sekali habis.

Husnul berharap, ke depannya masyarakat dapat mengenal O’Sheak dan menyukainya. Keberadaan O`Sheak juga diharapkan bisa serta mengubah pandangan bahwa oncom itu bisa dibuat apa saja asalkan kita kreatif. 

"Semoga juga O'Sheak juga dapat tembus dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 2018," katanya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar