Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Mahasiswa ITS Ciptakan Gitar Bamboo

AL | Senin,11 Des 2017 - 19:28:38 WIB

Fany Basa dan Primaditya menunjukkan Gitar Bamboo ITS Surabaya, Senin (11/12/17).foto.ist

Surabaya, CityPost - Empat mahasiswa Departemen Desain Produk Industri (Despro) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menciptakan Gitar Bamboo, sebuah alat musik gitar dari bambu dan rotan laminasi.

Salah seorang mahasiswa yang terlibat dalam pembuatan gitar itu, Fany Basa mengatakan kekayaan material alam di Tanah Air menjadi inspirasi untuk menciptakan produk yang inovatif khas Indonesia. Ia menyebutkan keunggulan gitar ini diantaranya lebih ringan dan tipis dibanding bahan sintetis pada umumnya karena terbuat dari rotan dan bambu laminasi, gitar ini juga terlihat lebih estetis.

"Karena menggunakan material yang beda dari gitar biasanya, suara yang dihasilkan yang berasal dari bahan bambu itu pun terdengar cukup khas," ujarnya di Surabaya, Senin (11/12/17).

Fany mengakui salah satu kesulitan pembuatan produk ini terletak pada lengkungan yang harus dibuat dari bambu, karena bambu bersifat keras dan memiliki banyak tulang, sehingga rawan pecah atau retak apabila digunakan untuk bagian lengkung. Selain itu, rotan yang berukuran cukup besar juga memerlukan proses tersendiri agar bisa menciptakan bentuk yang unik.
 
Salah seorang dosen yang ikut membimbing dalam proyek ini, Primaditya, menuturkan proyek tersebut dijalankan karena tren industri produk kini mulai bergeser, karena saat ini yang lebih banyak diminati adalah produk yang menggunakan material alam yang lebih indah dan sustainable, dibanding material seperti plastik atau metal.

"Selera pasar sekarang ini lebih mengarah ke hal-hal yang eksklusif dan tidak pasaran," katanya.
 
Prima menambahkan, saat ini proyek Gitar Bamboo berada di bawah program penelitian Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT) yang dinaungi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).


(red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar