Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Mahasiswa Universitas Bengkulu Olah Biji Durian Jadi Susu

AL | Rabu,07 Nov 2018 - 14:13:26 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Bengkulu, CityPost - Sekelompok mahasiswa peserta kuliah kerja nyata (KKN) Universitas Bengkulu berhasil mengolah limbah biji durian menjadi minuman susu yang menyegarkan dan bergizi.Produk yang dipamerkan dalam ajang KKN Expo di Universita Bengkulu itu mendapat apresiasi dari sejumlah pengunjung pameran.

"Produk ini terinspirasi dari banyaknya buah durian di sekitar desa lokasi KKN," kata anggota kelompok 99 KKN Universitas Bengkulu, Rezan Okto Wesa di Bengkulu.

Menurut Rezan, di Desa Bajak III Kecamatan Merigi Sakti Kabupaten Bengkulu Tengah terdapat potensi sumber daya lokal berupa buah durian.

"Selama ini  biji buah tersebut hanya dibuang percuma tanpa ada upaya mengolah menjadi produk bernilai tambah," ujarnya.

Kondisi tersebut membuat para mahasiswa menggagas inovasi dengan mengolah biji durian menjadi susu yang diberi nama Subian singkatan dari susu biji durian. Rezan menjelaskan, cara pengolahan biji durian menjadi susu cukup sederhana yaitu pertama, mengupas biji durian hingga terlihat bagian dalam yang warna putih, kemudian dicuci bersih. Lalu, biji tersebut direndam dengan air campuran kapur sirih selama 30 menit lalu direbus hingga lunak. Selanjutnya, biji durian yang sudah direbus dipotong kecil-kecil dan diblender dengan campuran air. Setelah diblender lalu direbus kembali dan didinginkan lalu disaring dan dimasukkan dalam kemasan.

"Minuman ini tanpa pewarna dan pengawet, hanya ada campuran gula murni untuk rasa," ujarnya.

Dari hasil uji laboratorium Fakultas MIPA Universitas Bengkulu, minuman tersebut diketahui memiliki kandungan bermanfaat untuk tubuh seperti Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin C, karbohidrat, lemak, folat, protein, serat, energi, kalium, kalsium, tembaga, dan fosfor sehingga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi serta menurunkan risiko osteoporosis. Minuman ini juga bermanfaat sebagai sumber protein nabati dan mengandung serat alami yang bagus untuk pencernaan sehingga dapat mengatasi sembelit. (red/ist)



Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar