Jakarta, Indonesia | Saturday, 22-09-2018

NEWS UPDATE

Mantan Biksu Divonis 100 Tahun Penjara

RWS | Jumat,10 Agus 2018 - 06:32:32 WIB

Mantan Biksu Thailand Wirapol Sukphol divonis 114 tahun penjara/foto ist

CityPost – Seorang mantan Biksu yang selama ini dikenah hidup bermewah-mewahan dan memiliki banyak skandal penyalahgunaan dana tengah menjadi perhatian masyarakat internasional usai vonis hukuman selama 100 tahun lebih dijatuhkan untuknya.

Melansir informasi para pengikutnya, mantan Biksu Thailand yang bernama Wirapol Sukphol kerap memicu kontroversi, dengan menggunakan jubah biksunya, dia pernah berfoto disebuat jet pribadi dengan tas mewah Louis Vuitton dan videonya viral pada 2013 silam.

Bukan hanya itu, kabarnya Wirapol juga kerap berhubungan dengan banyak wanita hingga mencuat satu berita dia menghamili satu diantara beberapa wanita yang jalan dengannya. Wirapol juga dituding berhubungan dengan wanita dibawah umur berusia 14 tahun.

Usai banyaknya tudingan yang mensasar dirinya, Wirapol lantas melarikan diri ke Amerika Serikat dan kemudian berhasil tertangkap pada 2016 lalu hingga pihak AS mengestradisinya.

Vonis penjara selama 114 tahun itu sendiri dijatuhkan oleh pengadilan pidana Bangkok. Vonis itu disebut melebihi teknis batasan masa hukuman yang hanya 20 tahun penjara. Kendati demikian, dia dinyatakan bersalah telah melakukan penipuan, pencucian uang dan kejahatan komputer terkait perolehan dana untuk perawatan dan renovasi patung Budha serta sejumlah kuil lainnya.

Selain vonis 114 tahun penjara, Wirapol juga diwajibkan membayar denda sebesar 864 ribu dolar sebagai kompensasi terhadap 29 orang yang kini mengajukan gugatan hukum dan sebagai korban penipuannya.

Vonis hakim lainnya terhadap Wirapol akan ditetapkan pada 17 Oktober mendatang terkait kasus pelecehan seksual dan penculikan anak. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar