Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Masa Persidangan III, DPR Targetkan 5 Undang-Undang Selesai

WDP | Senin,07 Jan 2019 - 16:12:13 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Jakarta, CityPost - Rapat paripurna pembukaan masa persidangan III (Dewan Perwakilan Rakyat) DPR tahun 2018-2019 digelar hari ini Senin, (7/1). Dalam pidatonya Ketua DPR Bambang Soesatyo menyebut hampir semua kursi saat rapat paripurna hari ini terisi, dan hal itu membuatnya senang.

"Hari ini hati saya berbunga-bunga. Bukan apa-apa, karena saya lihat hampir seluruh kursi terisi," ujarnya.

Bambang menuturkan, DPR menargetkan 5 Rancangan Undang Undang (RUU) selesai pada masa persidangan III. Sebelumnya terdapat 33 RUU yang masih dalam pembahasan tingkat I antara DPR dengan Pemerintah. 

"Dari 33 RUU tersebut, kita targetkan 5 dapat disahkan menjadi UU," katanya.

Dalam sidang kali ini, Bambang menekankan kerja keras dalam menyelesaikan RUU tersebut, karena bidang legislasi atau RUU menjadi sorotan bagi kinerja DPR.

Meski DPR fokus menggenjot kuantitas, Bambang berpesan untuk tetap memerhatikan kualitas dari RUU yang akan disahkan. Oleh karena itu pengawasan menjadi hal penting untuk menjaga kualitas RUU.

"Jumlah judicial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) merupakan tolok ukur dari kualitas UU yang dihasilkan," jelasnya.

Adapun lima RUU yang ditargetkan selesai pada masa sidang III adalah RUU tentang Perkoperasian, RUU tentang tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, RUU tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah, RUU tentang Kebidanan dan RUU tentang Ekonomi Kreatif. (WDP/CityPost)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar