Jakarta, Indonesia | Monday, 24-09-2018

NEWS UPDATE

Menaker Dorong Pengembangan Industri Rokok Lokal

AL | Selasa,22 Mei 2018 - 15:08:40 WIB

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri.foto.ist

Pamekasan, CityPost - Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri mendorong pengembangan perusahaan rokok lokal dan berbagai jenis usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lainnya agar bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dan memperluas lapangan pekerjaan.

"Usaha sektor UMKM seperti ini memiliki peran penting dalam ikut menyerap tenaga kerja, dan secara otomatis juga bisa mengurangi pengangguran," katanya saat berkunjung ke perusahaan rokok lokal UD Sumber Duniaku di Dusun Berruh, Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Senin (21/5/18).

Hanif datang ke perusahaan rokok lokal yang berjarak sekitar 7 kilometer kearah utara Pamekasan itu, bersama Kepala Dinas Tenaga Kerja Pamekasan Arif Handayani, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), serta sejumlah pejabat teras di lingkungan Pemkab Pamekasan. Menaker bersama rombingan melihat secara langsung proses produksi rokok lokal itu, hingga pengepakan, dan perusahaan rokok ini merupakan perusahaan rokok legal yang berpita cukai.

"Industri-industri seperti ini yang terus kita dorong. Pemkab perlu terus melakukan pembinaan," ujarnya.

Berdasarkan data Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Pamekasan, awalnya ada 378 perusahaan rokok lokal yang tersebar di 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan. Namun, dari jumlah tersebut, hanya 107 perusahaan yang memiliki izin produksi dan bercukai, sedangkan 272 sisanya belum. Banyak perusahaan rokok yang gulung tikar dan karena terkena razia dan hanya tinggal 48 perusahaan, termasuk perusahaan rokok UD Sumber Duniaku. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar