Jakarta, Indonesia | Sunday, 16-12-2018

NEWS UPDATE

Mendagri: Penjual Blanko e-KTP Anak Pejabat Dukcapil Lampung

WDP | Kamis,06 Des 2018 - 15:38:19 WIB

Menteri Dalam Negeri RI, Tjahjo Kumolo.foto.ist

Jakarta, CityPost- Saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki e-KTP, kerena stock blangko yang kosong. Namun, belakangan ini tersiar kabar mengejutkan bahwa ada penjualan blangko e-KTP melalui toko online. 

Padahal sebagai dokumen negara, blangko e-KTP tidak boleh beredar dan diperjualbelikan.  

Tidak tinggal diam, atas adanya laporan ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) lantas bergerak cepat untuk menindaklanjuti.

Setelah ditelusuri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan telah berhasil mengantongi identitas pelaku penjualan blangko ini. Pelaku ternyata anak dari Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) di Lampung.

Tjahjo mengatakan, oknum yang menjual e-KTP di pasar online itu adalah anak pejabat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Lampung. Oknum itu mengambil 10 buah blangko e-KTP dari ayahnya yang merupakan Kepala Dinas Dukcapil di Lampung.

"Karena sudah terdata lengkap ayahnya sudah ketangkap anaknya sudah ketangkap yah Pak Dirjen (Dukcapil) juga lapor ke kepolisian. Jadi kalau terkait dengan data sampai jebol tidak ada. Ini Murni kejahatan," ujarnya di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (6/12/18).

Tjahjo juga memastikan tidak ada data penduduk yang bocor meski ditemukan kasus penjualan blangko e-KTP di pasar daring. Kasus itu sudah dilaporkan ke pihak kepolisian. Kemudian, baik ayah dan anak tersebut sudah ditangkap. Saat ini, kasus tersebut sudah dilimpahkan ke Polda Metro Jaya untuk dilakukan penyelidikan.

"Tidak benar ada pemberitaan bahwa sistem jebol itu tidak. Setelah kita lacak baik di toko online termasuk orangnya ketemu," 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar