Jakarta, Indonesia | Thursday, 13-12-2018

NEWS UPDATE

Mendikbud Berharap Sekolah Punya Fasilitas PLTS

AL | Kamis,01 Feb 2018 - 09:31:50 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meresmikan fasilitas pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di SMAN 8 Malang, Selasa (30/1/18).foto.ist

Malang, CityPost - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy belum lama ini meresmikan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di SMAN 8 Malang, Jawa Timur. 

Pengadaan Fasilitas ini bermula dari ide salah satu alumni SMAN 8 Malang yang kemudian diproses sehingga mendapatkan bantuan panel surya dari Paiton Energy dan Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA). Penyediaan PLTS ini membutuhkan dana hingga milyaran rupiah.

Melihat fasilitas ini, Muhadjir menilai, konsolidasi energi di dunia pendidikan memang perlu dilakukan. Ia pun berharap sekolah lain bisa mengikuti keberhasilan SMAN 8 Malang.

“Jika ini terus digalang saya yakin program pembangunan utamanya di bidang pendidikan akan dapat terwujud sebagaimana yang diharapkan bersama. Dalam hal ini termasuk mengadakan pembangkit listrik tenaga surya di sekolah,” katanya.

Dengan adanya fasilitas panel surya ini, Muhadjir berharap SMAN 8 Malang mampu melahirkan banyak periset muda yang berkualitas.  Apalagi SMAN 8 Malang ini dikenal memiliki daya riset tinggi.

"Untuk itu, saya juga berharap agar apa yang telah diterima SMAN 8 Malang ini juga dapat digunakan serta di rawat keberadaannya demi menunjang pengembangan pendidikan di sekolah ini," ujarnya.

Wali Kota Malang Mohammad Anton mengingatkan agar keberadaan laboratorium pembelajaran energi surya di SMAN 8 ini hendaknya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin.

“Dalam hal ini, anak didik diharapkan bisa lebih mengenal dan memahami pemanfaatan energi tenaga surya,” katanya. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar