Jakarta, Indonesia | Tuesday, 11-12-2018

NEWS UPDATE

Mendikbud: TNI Banyak Membantu Pendidikan di Daerah 3T

GRY | Selasa,13 Mar 2018 - 18:05:54 WIB

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy.foto.ist

Jakarta, CityPost - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menuturkan, prajurit TNI telah banyak membantu menyukseskan pelaksanaan pendidikan terutama di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

"Prajurit TNI banyak membantu pembangunan sarana dan prasarana fisik maupun pelayanan dengan membantu mengajar di sekolah-sekolah yang perlu bantuan," kata Muhadjir seusai membuka Rapat Koordinasi Teknis TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-101, di Jakarta, Selasa (13/3/18).

Keterlibatan TNI dalam dunia pendidikan bukan hal baru. Di antaranya anggota TNI yang mengajar di sekolah-sekolah di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T). Selain itu, prajurit TNI juga berperan dalam penyelesaian permasalahan terkait dengan layanan pendidikan yang lain, seperti pengembalian ribuan anak putus sekolah ke sekolah yang merupakan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat dengan bintara pembina desa. Prajurit TNI juga membantu kelancaran akses bagi siswa sekolah dengan menggunakan perahu karet untuk menyeberangi sungai di Kabupaten Aceh Barat karena jembatan yang biasanya digunakan rusak akibat banjir.

Banyak juga sekolah yang dibangun karena inisiatif dan kepedulian TNI bekerja sama dengan pemerintah daerah di banyak tempat di Indonesia. Bahkan ada program Srawung TNI, kegiatan rutin yang dilakukan prajurit di lapangan sehingga terjalin dan terbentuk jiwa patriotik pada diri pelajar, karakter dan kemandirian bangsa.

Program TMMD ke-101 menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk memperkuat pendidikan karakter dan kemandirian bangsa.

Untuk mengoordinasi pelaksanaan TMMD ke-101 tersebut, TNI bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengadakan Rapat Koordinasi Teknis yang dibuka Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, selaku Penanggung Jawab Operasional, bersama Menteri Muhadjir Effendy di Jakarta.

Kerja sama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan TNI sudah berjalan sejak 2011 yang diperkuat dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Nomor 36/XXI/NK/2017 dan KERMA/45/XII/2017. Nota Kesepahaman itu berisi sembilan butir, yaitu program layanan pendidikan anak usia dini dan pendidikan masyarakat, program layanan pendidikan dasar dan menengah, program layanan kebahasaan, dan program layanan pembinaan guru dan tenaga kependidikan. 

Kemudian, program layanan penelitian dan pengembangan, program layanan kebudayaan, program penguatan pendidikan karakter, program penguatan bela negara, dan program peningkatan kompetensi keguruan personel TNI di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. (GRY/ist)


Komentar Via Website : 1
bit.ly/2tUoRei
04 Jul 2018 - 10:36:11 WIB
Terimakasih informasinya sangat bermanfaat gan, sukses terus informasinya
http://bit.ly/2tUoRei
AwalKembali 1 LanjutAkhir

Nama

Email

Komentar