Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Nelayan Tegal Enggan Melaut Saat Angin Kencang

Hen | Sabtu,03 Feb 2018 - 09:43:05 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Cuaca buruk yang belakangan ini kerap terjadi hingga memicu gelombang tinggi dan mengancam keselamatan para nelayan yang hendak menangkap ikan tengah membuat sejumlah nelayan mengaku kesulitan menangkap ikan.

Seperti halnya seorang nelayan yang bernama Tono (34). Dia merupakan nelayan di Muara Reja, Tegal, Jawa Tengah. Menurutnya, adanya cuaca buruk dan angin kecang selama seminggu ini membuatnya sulit melaut untuk mencari ikan. Bahkan Tono memilih berdiam dirumah saat angin sedang kencang.

“Sudah 4 hari enggak melaut, anginnya kencang sudah seminggu. Resiko nelayan kalau angin terlalu kencang ya balik lagi enggak jadi melaut,” tukasnya.

Menurut Tono, cuaca yang tidak mendukung akan mempengaruhi hasil tangkapan ikan. Bahkan saat ini hanya dengan menggunakan kapal 6 GT, dia hanya bisa menangkap ikan-ikan keci, udang krosok dna ikan pirik yang selama ini merupakan pakan bebek.

“kita sehari bisa tangkap 10 kg udang krosok, yang harga jualnya Cuma Rp. 17 ribu per kg. Beda jauh harganya sama yang udang besar Rp. 150 ribu per kg. Sehari dapatnya paling 2 kg sampai 3 kg,” ujarnya. (Hen/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar