Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Obat Pelangsing Ini Sebabkan Kematian Penggunanya

RWS | Sabtu,01 Sept 2018 - 14:23:30 WIB

Obat pelangsing mengadung DNP sebabkan sejumlah kematian di Australia/foto ist

CityPost – Memiliki tubuh yang ideal dan proporsional untuk sebagian besar perempuan saat ini menjadi domain penting dikehidupan mereka, tak ayal sejumlah obat pelangsing menjadi sasaran dikonsumsi untuk menurunkan berat badan yang diharapkan.

Belum lama ini, pihak berwenang di New South Wales (NSW) Australia tengah melayangkan peringatan kepada warganya agar lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi obat pelangsing, khususnya yang dikenal sebagai Shredder.

Pengumuman itu disampaikan usai ditemukan obar tersebut menyebabkan kematian baik di Australia maupun diluar negeri.

Kendati rincian detail korban yang mengalami kematian tidak disebutkan dan tidak dipublikasikan karena masih dalam penyelidikan pihak kepolisian, namun pihak NSW Health mengatakan produk yang mengandung bahan kimia 2,4 dinitrofenol (DNP) dipastikan dapat menyebabkan kematian dalam kurun beberapa jam saja.

Anggota NSW Health, Marianne Gale mengatakan zat kimis DNP berfungsi mencegah energi menjadi lemak dalam tubuh dan melepaskannya sebagai panas. Gale mengatakan zat ini akan menaikan suhu tubuh sehingga menyebabkan masalah kesehatan serius.

“Zat ini dapat merusak sel-sel organ, seperti otot, ginjal dan otal. Seseorang bisa langsung menjadi sangat tidak sehat hanya beberapa jam setelah meminumnya. Gejala bisa berupa banyak berkeringat. Orang dapat mengalami detak jantung dan nafas yang cepat, dan seringkali mengalami kejang, koma dan kematian,” tegas  Gale saat diwawancara ABC.

Gale mengatakan tidak ada obat penawar terhadap zat DNP ini, bahkan jika penggunanya diberikan perawatan medis terbaikpun tidak akan tertolong dan akan meninggal setelah mengkonsumsinya. Disebutkan, saat ini diberbagai negara sudah ada laporan kematian yang disebabkan obat pelangsing ini.

“Kami mendengar di Australia pun sudah ada beberapa kematian, masyarakat harus sangat berhati-hati membeli zat apapun secara online. Terutama hindari produk apapun yang mengandung DNP atau produk dari sumber yang tidak diverifikasi, ” terangnya. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar