Jakarta, Indonesia | Saturday, 20-10-2018

NEWS UPDATE

Ombudsman Sebut Ada Maladministasi Kemenag Terkait Abu Tours

RWS | Selasa,17 Apr 2018 - 19:28:40 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta, CityPost – Kasus penipuan travel perjalan umroh yang melibatkan biro perjalanan Abu Tours saat ini terus menjadi perhatian pihak kepolisian dan pihak lainnya. Hal itu menjadi prioritas pasalnya tengah merugikan kepentingan jamaah secara luas.

Sementara itu, terkait Abu Tours itu sendiri, pihak Ombudsman menyampaikan bahwa telah ditemukan adanya Maladministrasi Kementerian Agama pada kasus biro umrah PT. Abu Tours.

Anggota Ombudsman Ahmad Suaedy menyampaikan ada empat pin kesalahan Kemenag, antara lain. Kelalaian dalam mengawasi Abu Tours sebagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah hingga mengakibatkan ribuan calon jamaah gagal diberangkatkan.

“kementerian Agama tidak kompeten dalam pelaksanaan pengawasan terhadap kinerja PPIU sehingga banyak jemaah umrah yang gagal berangkat dan tidak dapat memperoleh penggantian biaya dari PPIU,” tegas Ahmad dikantor Ombudsman, Jakarta pada Selasa (17/4) hari ini.

Ahmad juga menilai pihak Kemenag lamban merespon masalah yang terkait Abu Tours dari sisi hukum, disoroti juga ketiadaan kontrak tertulis antara PPIU dengan calon jemaah. Sementara itu, Kemenag seharusnya tidak begitu saja membiarkan calon jemaah melakukan transaksi dengan PPIU tanpa adanya bukti kontrak tertulis.

Pada pernyataan terakhir, Ahmad mengatakan Kemenag masih mempersilahkan Abu Tours memberangkatkan para calon jemaahnya padahal izin  PPIU Abu Tours sudah dicabut. Dan untuk permasalahan tersebut Ombudsman menilai keberangkatan jemaah itu ilegal. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar