Jakarta, Indonesia | Saturday, 22-09-2018

NEWS UPDATE

Pajak Terlalu Tinggi, Tere Liye Berhenti Terbitkan Buku

AL | Kamis,07 Sept 2017 - 12:19:15 WIB

Tere Liye.foto.ist

Jakarta, CityPost - Penulis Tere Liye memutuskan untuk berhenti menerbitkan bukunya lewat Gramedia Pustaka Utama dan Republika karena keberatan dengan pungutan pajak yang terlalu tinggi.

Penulis 38 tahun itu mengumumkan buku-bukunya tidak lagi diterbitkan oleh dua penerbit itu per 31 Juli 2017 melaui akun faceboknya pada Selasa (5/9/17) dan sebanyak 28 bukunya tidak akan dicetak ulang.

Tere mengeluh karena penulis buku harus membayar pajak 24 kali lipat lebih besar ketimbang pelaku usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) dan dua kali lebih banyak dibandingkan profesi pekerjaan bebas. Ia mengaku sudah menyurati berbagai lembaga resmi pemerintah seperti Direktorat Jenderal Pajak dan Badan Ekonomi Kreatif untuk berdiskusi, namun tak ada hasil.

Meski tak lagi bekerja sama dengan penerbit, Tere akan tetap menyiarkan karyanya secara cuma-cuma di Facebook sambil memikirkan model bisnis yang dia anggap cocok untuk menyiarkan karyanya.

"Saya akan memikirkan model bisnis berbeda, atau pendekatan berbeda, sepanjang itu belum ditemukan, dibagikan gratis di page ini bisa jadi solusi yg baik," kata Tre.

Beberapa buku yang ditulis Tere sudah diadaptasi ke layar lebar, diantaranya "Moga Bunda Disayang Allah", "Bidadari Bidadari Surga" dan "Hafalan Shalat Delisa". (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar