Jakarta, Indonesia | Thursday, 18-10-2018

NEWS UPDATE

Para Pekerja Bantuan Asing Mulai Diminta Keluar Indonesia

RWS | Kamis,11 Okt 2018 - 13:12:09 WIB

Evakuasi korban gempa dan tsunami Donggala dan Palu/foto ist

CityPost – Pasca gempa dan tsunami melanda wilayah Donggala dan Palu di Sulawesi Tengah sejumlah bantuan dan para pekerja kemanusiaan asing mulai memasuki Indonesia untuk mendedikasikan tenaga mereka memberikan bantuan terhadap para korban bencana itu.

Para pekerja bantuan asing itu yang dikabarkan sudah mulai melakukan perjalanan ke Sulawesi Tengah diminta segera meninggalkan Indonesia.

Disebutkan ada sejumlah badan-badan bantuan asing yang sudah memasuki zona gempa untuk membantu para korban yang ditengarai saat ini angka kematian korban sudah mendekati 2.000 orang dan 5.000 lainnya masih dinyatakan hilang.

Pelarangan itu dikeluarkan pihak Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB). Badan nasional bencana Indonesia ini resmi menerbitkan aturan baru bagi LSM (NGO) internasional yang menyarakan agar mereka segera menarik personel asing dari Indonesia.

Pengumuman itu disampaikan pihak BNPB beberapa hari sebelum upaya pencarian diakhiri. Kabarnya upaya pencarian akan dihentikan pada Kamis (11/10) hari ini karena dikhawatirkan para pejabat bisa terkena sebaran penyakit.

Kendati demikian, pihak Indonesia menyarakan untuk LSM asing yang ingin berkontribusi, bisa menyerahkan bantuan mereka melalui Palang Merah Indonesia.

Kabar lainnya terkait larangan tersebut dikatakan saat ini Indonesia tidak ingin bergantung pada bantuan asing untuk mengatasi bencana. Hal itu menurut sejumlah pengamat dikarenakan Indonesia tidak ingiin terlihat tidak mampu menanganinya. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar