Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

PBB Desak Myanmar Berikan Akses Masuk Tim Pencari Fakta

RWS | Jumat,27 Okt 2017 - 14:51:39 WIB

Para Pengungsi Rohingya/Foto ist

CityPost -  Konflik kekerasan yang terjadi terhadap etnis Muslim Rohingya hingga ratusan ribu dari mereka memilih melarikan diri agar tidak menjadi korban kekerasan tengah menjadi perhatian sangat serius dari masyarakat dunia. Keprihatinan dan rasa kemanusiaan ini akhirnya menggugah PBB untuk mengirimkan tim pencari fakta.

Namun, sayangnya tidak ada akses masuk bagi tim pencari fakta PBB ke Myanmar. Walhasil PBB pun mendesak dan menyerukan pemerintah Myanmar agar memberikan akses tanpa syarat kepada misi pencar fakta PBB untuk menyelidiki eksodus besar-besaran Muslim Rohingya.

Laporan terkait Myanmr dikabarkan oleh Lee Yanghee selaku pelapor khusus PBB yang memantau situasi HAM di Myanmar. Dia mengatakan dihadapan komite sidang umum pada Rabu (25/10) pentingnya sebuah seruan, pertimbangan yang jujur dan tidak memihak atas peristiwa yang terjadi. Selain itu dia juga meminta agar orang-orang yang bertanggungjawab atas tindakan mereka untuk bisa menjelaskannya. Lee juga meminta akses pada misi pencarian fakta PBB nantinya akan menjadi awal titik terang yang baik.

Laporan Lee ditanggapi oleh perwakilan Myanmar yang mengatakan bahwa negaranya akan berupaya melindungi hak asasi Muslim Rohingya, namun dia mengungkapkan keberatan atas ide misi pencari fakta.

Sementara itu, Dewan Keamanan PBB sendiri saat ini dibawah komando Inggris tengah mengupayakan agar dewan mengesahkan resolusi atas keterlibatan PBB dalam menangani kasus tersebut. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar