Jakarta, Indonesia | Saturday, 18-08-2018

NEWS UPDATE

PBB Nyatakan Mendukung Denuklirisasi Korea Utara

RWS | Rabu,13 Jun 2018 - 23:15:19 WIB

Sekjen PBB Antonio Guterres/foto ist.

CityPost – Upaya kesepakatan bersama yang dihasilkan dalam KTT Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jong Un saat ini tengah diapresiasi oleh PBB. Bahkan, Sekjen PBB Antonio Guterres mengatakan pihaknya akan mendukung denuklirisasi untuk perdamaian dan keamanan dunia.

Selain itu, Antonio juga menyabut baik pertemuan kedua pemimpin negara tersebut yang sebelumnya sempat saling serang menggunakan propaganda opini dan perang kata-kata.

Antonio mengatakan jika kedua pihak meminta, badan OBB yang relevan siap membantu proses denuklirisasi, termasuk dalam hal verifikasi.

“Badan Energi Atom Internasional (IAEA) memiliki mandat menerapkan keamanan pada semua penggunaan materi nuklir untuk tujuan damai, termasuk semua materi yang diambil dari program niliter,” tegasnya.

Sementara itu, senada dengan Antonio. Direktur Jenderal IAEA Yukiya Amano mengatakan bahwa pihaknya siap untuk memulai lagi kegiatan berifikasi nuklir di Korea Utara jika ada kesepakatan politik yang memungkinkan.

Diketahui, IAEA itu sendiri selama ini tengah menjadi pemain kunci dalam melakukan pengawasan dan verifikasi kepatuhan Iran pada kesepakatan tahun 2015. Pada 2013, IAEA mengirim inspektur ke Irak, dimana saat itu mereka menyimpulkan pemerintah tidak melakukan kegiatan nuklir yang terlarang. (RWS/ist)

 

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar