Jakarta, Indonesia | Monday, 17-12-2018

NEWS UPDATE

PBB Putuskan Israel Bersalah Terkait Tragedi Gaza

RWS | Sabtu,16 Jun 2018 - 04:33:36 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Kekerasan yang terjadi di Jalur Gaza pasca bentrokan antara ratusan demonstran dengan militer Israel hingga menewaskan 129 warga Palestina saat mereka menyuarakan tuntutan hak mereka. Permasalahan itu saat ini tengah menjadi perhatian serius dari pihak PBB.

Perihal kekerasan dan pembunuhan warga Palestina yang dilakukan oleh tentara Israel, khususnya saat Ramadhan lalu hingga menewaskan ratusan orang saat melakukan unjuk rasa, kabarnya telah diputuskan oleh pihak PBB.

Mayoritas negara yang menjadi anggota PBB tengah melakukan pertemuan darurat Mejelis Umum PBB yang kemudian mereka semua sepakat memutuskan bahwa Israel dinyatakan telah bersalah atas kekerasan dan pembunuhan yang dilakukan tentara Israel di Jalur Gaza.

Keputusan tersebut menandakan bahwa saat ini pihak AS dan Israel gagal mencari dukungan untuk menyalahkan pihak Hamas atas kekerasan yang terjadi di Gaza yang kerap dituding oleh Israel sebagai pemicu konflik.

Pertemuan yang dilakukan pada Rabu (13/6) lalu di New York, bermula dari permintaan dari pihak Palestina yang secara resmi melayangkan permohonan pertemuan darurat PBB terkait kebiadaban tentara Israel. Walhasil permohonan tersebut diterima dan saat ini Palestina mendapatkan dukungan dari negara-negara di PBB. Dengan demikian, PBB saat ini tengah menjatuhkan resolusi kepada pihak Israel untuk menghentikan kekerasan dan kebiadaban yang dilakukan di Gaza.

Kabarnya, rancangan resolusi tersebut diusulkan oleh negara-negara Arab dan dunia Islam yang sebelumnya melayangkan kutukan kepada Israel atas kekuatan militer yang digunakan untuk menghadapi warga sipil yang tidak bersenjata. Israel dituding melakukan tindakan berlebihan dalam menyikapi permasalahan demonstrasi tersebut.

Sementara itu, juru bicara Majelis Umum PBB, Brendan Varma mengatakan bahwa setelah mendengarkan pidato dari negara-negara anggota, kemudian badan dunia melakukan pemungutan suara yang diikuti dengan penetapan resolusi terkait kekerasan yang terjadi dijalur Gaza dan dilakukan oleh tentara Israel. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar