Jakarta, Indonesia | Monday, 21-05-2018

NEWS UPDATE

Pemberangkatan Haji 2018 Bisa Dari BIJB Kertajati

GRY | Selasa,27 Mar 2018 - 07:19:13 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Cirebon, CityPost - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Barat, Dedi Taufik, memastikan pemberangkatan ibadah haji tahun ini bisa melalui Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka dan akan melalui dua tahap, yaitu pada bulan Juli dan Agustus.

"Kita sudah konsentrasi bahwa pemberangkatan ibadah haji di Jawa Barat bisa melalui BIJB. Nantinya, calon jamaah haji dari Jawa Tengah bagian barat dan Jawa Barat bagian timur bisa diberangkatkan melalui BIJB," katanya di Hotel Luxton, Cirebon, Senin (26/3/2018).

Dedi menuturkan, saat ini proses pembuatan runway atau landasan pacu sepanjang 3.000 meter masih dikebut, agar bisa digunakan pesawat berkapasitas besar. 

"Kita sedang progres untuk eksisting runway, tinggal 500 meter lagi. Angkasa Pura II yang mengerjakan itu, nanti total panjang runway bisa 3.000 meter. Sehingga, pesawat seperti Suadi Arabia Airline bisa mendarat. Embarkasi memang di Bekasi, kalau ada keterlambatan dan lainnya bisa menggunakan terminal BIJB. Karena bisa menampung 5,6 juta penumpang," jelasnya.

Dedi mengakui, Kementerian Agama (Kemenag) telah menyepakati penunjukan embarkasi bagi jamaah haji yang berangkat dari Bandara Kertajati. 

"Kemenag, menunjuk Bekasi sebagai embarkasinya. Nanti dari Bekasi (embarkasi) itu berangkat ke sini (BIJB). Kemenag juga sudah menilai kesiapan BIJB," ujarnya. 

Dedi menambahkan, selain tengah fokus menyiapkan infrastuktur penunjang untuk pemberangkatan haji, Pemprov Jawa Barat sudah merencanakan pembangunan asrama haji di wilayah BIJB. "Kemenag sudah meminta pembangunan asrama haji. Kita sudah siapkan lahan 5 hektare untuk itu," katanya (GRY/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar