Jakarta, Indonesia | Saturday, 18-08-2018

NEWS UPDATE

Pemerintah Tetapkan HET Daging Ayam 32 Ribu Perkilo

RWS | Selasa,12 Jun 2018 - 04:17:49 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

Jakarta,CityPost – Badan Ketahanan Pangan pihak Kementerian Pertanian saat ini menegaskan bahwa pihaknya telah menetapkan harga acuan daging ayam atau Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp. 32 ribu perkilogramnya.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Agung Hendriadi mengatakan kenaikan harga dipasar yang saat ini terjadi merupakan ulah pedagang dan middleman atau yang dikenal dengan agen. Bahkan dia mengaku pihaknya sudah menghimbau masyarakat untuk mengunjungi Toko Tani Indonesia (TTI) yang sudah tersebar lebih dari 2.000 titik di 2o Provinsi jika ingin melihat perbandingan harga.

“Banyak middleman, sehingga keberadaan Toko Tani Indonesia ini adalah untuk memotong rantai pasok. Pedagang pasar tidak boleh mengeluh adanya TTI,” terang Agung di Jakarta pada Senin (11/6) kemarin.

Saat ini menurut Agung yang menjadi indikator acuan harga ada didua wilayah yakni di Kepulauan Riau dan Nusa Tenggara Timur. Jika didua wilayah tersebut bisa dikendalikan dengan HET 32 ribu rupiah maka seharusnya ditempat lain juga bisa.

“kalau disana bisa dikendalikan dengan harga 32 ribu kenapa pasar tanah abang 36 ribu, Riau tidak memproduksi, NTT tidak memproduksi mereka bisa 32 ribu,” tegasnya.

Diketahui, Agung menemukan harga daging ayam mencapai Rp. 36 ribu di Pasar Tanah Abang dan Pasar Pademangan. Namun setelah ditelusuri ternyata para pedagang itu memiliki jalur distribusi yang berbeda.

“Setelah saya tanya kesana memang supplynya berbeda. Mereka pedagang dari agennya dan seterus-seterusnya. Mulai dari agennya lah yang menaikan harga. Ini yang coba kita berantas,” tegasnya. (RWS/ist)

 

 

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar