Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Pemkot Palangka Raya Musnahkan Ribuan Blanko Pajak

AL | Rabu,07 Nov 2018 - 11:00:03 WIB

ilustrasi gambar.foto.ist

Palangka Raya, CityPost - Pemerintah Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah memusnahkan ribuan dokumen blanko jenis pajak atau barang persediaan pakai habis dari beberapa organisasi perangkat daerah setempat. Pemusnahan aset tersebut dilakukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jalan Tjilik Riwut Kilometer 14 Palangka Raya, Selasa (6/11/18).

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, pemusnahan ribuan pakai habis tersebut dilakukan agar dokumen tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab. Blanko yang dimusnahkan, antara lain blanko pajak kafe, restoran, surat pajak tahunan (SPT), dan pajak bumi dan bangunan (PBB) yang saat ini sudah tidak digunakan lagi, karena instansi yang menanganinya sudah berubah nomenklaturnya. Selain itu, beberapa dokumen lainnya yangdiangap sudah tidak ada fungsinya lagi juga dimusnahkan.

"Kami melakukan penghapusan aset persediaan pakai habis milik Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah Kota Palangka Raya, juga disaksikan beberapa OPD setempat serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) di daerah setempat," ujarnya.

Fairid menuturkan, aset atau dokumen pakai habis dimusnahkan dengan cara dibakar agar hal itu tidak disalahgunakan serta digunakan oleh oknum-oknum yang memiliki kepentingan pribadi.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palangka Raya Absiah mengatakan barang yang dimusnahkan tersebut totalnya berjumlah 73 item, jika diuangkan jumlahnya sekitar Rp 28 juta. Pemusnahan barang itu juga sudah disetujui wali kota, agar segera dilaksanakan. (red/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar