Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Pengelola Wisata Uluwatu Klarifikasi Foto Tebing Retak

RAN | Kamis,10 Jan 2019 - 15:53:37 WIB

Tebing Uluwatu di Kabupaten Badung, Bali.foto.ist

Badung, CityPost - Pengelola objek wisata kawasan luar Pura Uluwatu, Kabupaten Badung, Bali, menyampaikan klarifikasi terkait beredarnya foto tebing retak di kawasan Pura Luhur Uluwatu, namun setelah diselidiki ternyata hal itu tidak benar.

"Kami lihat sendiri kenyataan di lapangan, bahwa kondisi yang sebenarnya terjadi tidak sesuai dengan foto yang viral itu," kata Manajer Pengelola Objek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu, I Wayan Wijana, di Badung, Rabu (10/1).

Wayan menjelaskan, pada foto yang viral di media sosial tersebut, tumbuhan di tebing tampak kering. Sedangkan kondisi saat ini, tebing telah ditumbuhi oleh pepohonan yang tumbuh subur secara alami.

";Saya pikir foto tebing retak yang viral itu dengan keadaan sekarang tidak cocok, kebetulan juga sekarang musim penghujan pas banyak tumbuh pohon di sisi tebing," ujarnya sebagaimana dilaporkan Antara.

Menurut Wayan, masalah tebing yang retak tersebut telah terjadi dan sudah diketahui sejak dahulu.

"Sekitar tahun 1992 menurut pengamat juga terjadi penurunan yang tidak signifikan sekitar satu milimeter, yang juga sudah saya koordinasikan kepada pihak puri," tuturnya.

Wayan menuturkan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, pihaknya telah mengatur sistem persembahyangan saat pelaksaan ritual Piodalan di Pura tersebut sejak sekitar tahun 1992 hingga saat ini.

"Kami minimalkan umat yang bersembahyang di dalam. Untuk persembahyangan kami lakukan di Jaba Tengah Pura, di dalam hanya upacaranya saja. Untuk mengatur jumlah umat yang bersembahyang kami juga telah menggunakan sistem kartu," katanya. (RAN/CityPost)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar