Jakarta, Indonesia | Friday, 17-08-2018

NEWS UPDATE

Pengguna Angkutan Umum Ditargetkan Capai 60 Persen di 2029

AL | Rabu,14 Feb 2018 - 17:38:20 WIB

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.foto.ist

Jakarta, CityPost - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menargetkan masyarakat yang menggunakan transportasi massal atau angkutan umum mencapai tingkat 60 persen pada 2029 mendatang dibandingkan saat ini yang masih sekitar 30 persen.

"Kita berharap penumpang yang bergerak menggunakan transportasi massal di Jakarta itu bisa mencapai 60 persen," katanya di Jakarta, Rabu (14/2/18).

Menurut Budi hal itu bisa saja terjadi karena moda transportasi masal yang baru telah tersedia, seperti Light Rail Transit (LRT) dan Mass Rapid Transit (MRT) yang ditargetkan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya, seperti bus, kereta rel listri (KRL) dan Kereta Bandara. 

Selain itu, hunian berbasis transportasi atau transit oriented development (TOD) juga akan dibangun di sejumlah simpul LRT dan MRT. Budi menuturkan TOD untuk MRT akan dibuat di 10 titik, seperti Dukug Atas, Ratu Plaza, Kejaksaan Agung, Ciputat, Tanah Abang, dan lainnya.

"TOD itu prisipnya simpul kegiatan moda tertentu dengan moda yang lain, coba saja pergi ke Tokyo, enaknya naik kerata kan? karena cepat, murah, dan ramah lingkungan," ujarnya.

Budi menambahkan, pihaknya akan berusaha membuat TOD yang lebih padat, sehingga jarak dari satu pusat kegiatan, baik itu kantor atau permukiman ke pusat transportasi tidak begitu jauh.

"Kalau TOD padat, dari satu tempat ke tempat lain tinggal jalan kaki saja," imbuhnya.

Budi menakankan, agar hal itu dapat terwujud dibutuhkan keseriusan dari pemerintah maupun swasta untuk membangun TOD karena manfaatnya sangat besar, terutama akan mengurangi kemacetan lalu-lintas di jalan raya. (red/ist)



Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar