Jakarta, Indonesia | Wednesday, 14-11-2018

NEWS UPDATE

Perancis Masih Cemaskan Nuklir Iran

RWS | Rabu,28 Feb 2018 - 22:52:48 WIB

Presiden Perancis Emmanuel Macron/ foto ist.

CityPost -  Menteri Luar Negeri Perancis Jean Yves Le Drian menyampaikan saat ini negaranya masih mencemaskan keberadaan nuklir Iran yang program itu dianggap tengah berlawanan dengan resolusi PBB.

Le Drian mengungkapkan hal itu dihadapan awak media dalam sesi konferensi pers setelah mengadakan pembicaraan dengan Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov yang juga mengatakan nuklir Iran telah menjadi ancaman bagi negara-negara tetangganya.

Kendati demikian, ketakuan mereka direspon oleh Wakil Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araqchi yang menyebutkan bahwa negaranya akan keluar dari kesepakatan nuklir yang dicapai pada 2015. Hal itu akan segera dilakukan jika memang membawa dampak yang negatih terhadap perekonomian plus adanya kegagalan perbankan untuk mencapai kesepakatan bisnis dengan Iran.

Diketahui, bubarnya perjanjian nuklir 2015 akan membuat Iran terkena sanksi ekonomi yang diberlakukan Amerika. Namun, Presiden Hassan Rouhani mengatakan jika kebijakan tersebut tetap dilanjutkan dan ternyata perbankan gagal bekerja sama, maka tidak ada gunanya Tehran tetap berkomitmen pada kesepakatan.

“kesepakatan tidak akan terjadi dengan cara seperti itu jika bahkan  ada ultimatum yang diloloskan dan sanksi diperpanjang,” tegas Abbas.

Disampaikan pada pertemuan yang digelar, Jean Yves Le Drian membahas pentingnya tindakan spesifik dari Rusia dalam gencatan senjata sehingga bantuan dapat dikirim ke Ghouta Timur, Suriah.

Dia berharap pembahasan rinsi tentang bagaimana resolusi PBB untuk Suriah dapat sepenuhnya dilaksanakan dan memungkinkan untuk dilakukan evakuasi dari wilayah itu. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar