Jakarta, Indonesia | Wednesday, 23-01-2019

NEWS UPDATE

Perang Etnis Tewaskan Puluhan Orang Di Mali

RWS | Jumat,04 Jan 2019 - 07:15:20 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Pertikaian yang disebabkan perbedaan etnis kembali pecah di Mali, dikabarkan pemburu etnis Dogon menyerang desa Fulani saat tengah hari. Hal itu disampaikan oleh pejabat pemerintah yang tengah menduga-duga dalam menyimpulkan peristiwa yang terjadi.

Saat ini disebutkan ada sebanyak 37 orang tewas dalam perang etnis tersebut. Menurut saksi mata mereka yang tewas termasuk Kepala Desa Koulogon, Moussa Diallo dan seluruh keluarganya.

Selain itu banyak juga yang terluka dan mayoritas rumah-rumah dibakar habis. Untuk mengantisipasi melebarnya aksi penyerangan, saat ini pejabat-pejabat Mali telah melucuti senjata milik para pejuang agar perselisihan hak tanah dan air antara dua etnis yang berbeda selama ini bisa diselesaikan.

Sementara itu, peristiwa perang etnis itu juga sudah menjadi perhatian pihak PBB. Mereka menyebutkan ada lebih dari 500 orang yang tewas dalam perang etnis pada 2018 lalu.

Tudingan lain mencuat bahwa Fulani dituduh memiliki hubungan dengan ekstremis Al Qaeda yang pernah menyerang pasukan perdamaian PBB dan pasukan Mali sejak kelompok militan itu mencoba melakukan kudeta pada 2012 lalu. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar