Jakarta, Indonesia | Friday, 21-09-2018

NEWS UPDATE

Perang Perdagangan Bakal Memicu Bencana Bagi China

RWS | Senin,12 Mar 2018 - 10:05:09 WIB

Menteri Perdagangan Tiongkok Zhong Shan/ foto ist

CityPost – Kebijakan bea impor yang diterapkan Amerika dan negara-negara sekutu dalam konteks pengecualian mulai membuka wacana dan prediksi yang melebar hingga memicu munculnya ancaman dan esensi dari perang dagang diantara negara-negara maju.

Kebijakan tersebut ditengarai cukup membuat resah dari beberapa negara yang memiliki hubungan dagang besar satu dengan yang lainnya yang terkait dengan Amerika, khususnya bagi industri baja dan aluminium.

Seperti halnya China, melalui Menteri Perdagangannya, Zhong Shan mengatakan pada Minggu (11/3) kemarin. Tiap perang dagang hanya akan membawa dampak bencana bagi negaranya China, Amerika dan negara-negara lainnya. Zhong menegaskan pihaknya tidak akan memulai perang dagang tersebut.

Adanya pengecualian pihak Amerika terhadap sejumlah negara sekutu mereka akan kebijakan tarif bea impor 25 persen untuk Baja dan 10 persen untuk Aluminium semakin memicu kecemburuan dari negara-negara lain yang selama ini saling bekerjasama.

Kendati demikian, kabarnya sasaran kemaran Trump tertuju pada China yang kapasitasnya meningkatkan produksi telah membantu surplus baja global. China sudah berulangkali bersumpah akan melakukan pembelaan hak dan kepentingannya yang sah jika memang Amerika menjadikannya sebagai sasaran dalam dunia perdagangan. (RWS/ist)

 


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar