Jakarta, Indonesia | Sunday, 16-12-2018

NEWS UPDATE

Perluasan Pelabuhan Malaysia Dikecam Singapura

RWS | Kamis,06 Des 2018 - 13:21:06 WIB

Ilustrasi Gambar/foto ist

CityPost – Rencana pembangunan untuk memperluas pelabuhan yang dilakukan Malaysia saat ini menjadi perhatian serius Singapura. Perluasan batas-batas pelabuhan itu saat ini ditentang dan diprotes keras oleh pihak Singapura.

Melansir laporan reuters, saat ini Singapura mengatakan bahwa rencana itu akan memasuki wilayah perairan negara kota yang makmur. Pernyataan tersebut saat ini terus berkembang dan menjadi isu baru dari pertikaian antara Malaysia dan Singapura, khususnya yang terkait dengan Selat Singapura yang merupakan salah satu jalur pelayaran tersibuk didunia.

Menanggapi hal itu, pihak Kementerian Transportasi Malaysia kabarnya juga telah meminta Malaysia untuk memundurkan batas-batas pelabuhan dalam menghormati kedaulatan Singapura atas perairan yang selama ini menjadi sengketa dan tidak bertindak sepihak dalam melakukan hal itu.

“Kami mencatat dengan keprihatinan mendalam bahwa Malaysia baru-baru ini mencoba memperluas batas-batas pelabuhan Johor Baru yang memasuki wilayah perairan Singapura di Lepas Pantai Tuas, sebagai balasan, Singapura sudah mengajukan protes keras kepada pemerintah Malaysia,” terang pihak Kementerian Transportasi Singapura, seperti yang dilansir melalui reuters.

Menurut pihak Singapura, saat ini kapal-kapal Malaysia sudah sering kali memasuki perairan Singapura di Lepas Pantai Tuas tanpa izin dan hal itu sudah dilakukan selama dua minggu belakangan ini. Dalam menanggapi hal itu, Singapura menegaskan, pihaknya tidak akan segan untuk mengambil sikap dan tindakan tegas dalam mengatasi hal itu.

Sementara itu, untuk menyelesaikan permasalahan dua negara, pihak Singapura mengaku siap menyelesaikannya melalui jalan damai sesuai dengan aturan hukum internasional.

Menyikapi pernyataan Singapura, Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke Siew Fook mengatakan bahwa klaim Singapura tidak akurat. Dia menegaskan bahwa mengubah batas-batas pelabuhan tidak memasuki bagian manapun dari kota yang ada dinegara tersebut.

“Batas-batas pelabuhan Johor Bahru masuk dalam wilayah perairan Malaysia dan ini adalah hak Malaysia untuk membuat batas-batas pelabuhan diwilayah perairan kami,” tegasnya melalui sebuah pernyataan mereka. (RWS/ist)


Komentar Via Website : 0

Nama

Email

Komentar